DIY Editor : Agus Sigit Kamis, 18 Oktober 2018 / 15:49 WIB

Semua Pemain Bertubuh Mini, Teater 'Aku Perempuan Unik' Memang Unik

BANTUL, KRJOGJA.com - Pertunjukan kolaborasi teater, pantomime, musik, puppet, multimedia dan rupa bertajuk 'Aku Perempuan Unik' Bakal digelar pada 15 & 16 November 2018 di Pendhapa Art Space, Sewon Bantul. Event yang digagas oleh  Nanik  Indarti (33) seniman  teater lulusan  ISI  Yogyakarta juga merupakan hibah program Hibah  Media Cipta Ekspresi untuk membuat, mengkaji, melakukan perjalanan serta membantu perempuan  untuk mencipta atau menampilkan karya.

Melalui karya ini, Nanik ingin menyampaikan persoalan-persoalan perempuan dan lebih khususnya bagi penyandang achondroplasia (bertubuh  mini) yang  mengalami diskriminasi di lingkungan kerja maupun sosial di masyarakat. “Melalui media seni saya akan mengungkapkan dan berbagai peristiwa-peristiwa pengalaman hidup saya dan rahasia-rahasia persoalan diri 7 perempuan mini lainnya yang telah dituangkan ke dalam sebuah buku," ujar Nanik yang juga menyandang achondroplasia.

Buku yang berisi catatan autobiografi dari 7 perempuan mini di Indonesia ini bakal divisualkan ke dalam sebuah pertunjukan teater lintas disiplin seni. Tujuan dari karya ini juga sebagai kritik sosial untuk kaum disabilitas khususnya yang selama ini kurang diperhatikan oleh pemerintah salah satunya mengenai aksesibilitas, fasilitas, hak, kesehatan, reproduksi dan hambatan-hambatan yang dialami orang-orang disabilitas.

Karya ini melibatkan 7 perempuan dan 4 laki-laki bertubuh mini yang ada di sebagian wilayah Indonesia antara lain Miftahun Naufa (Aceh), Inung Setyami (Kalimantan), Lucky Novita (Blitar), Vely Hilda (Banyuwangi), Ninit Ungu (Blitar), Christianingtyas (Kulonprogo), Amin Sumantri (Malang), Muchlis Mustafa (Surabaya), Didik Saputro (Bantul DIY) dan Nanik Indarti (Bantul) Yogyakarta. Tambah satu orang perempuan bernama Anggisari (Yogyakarta) juga bertubuh mini, yang bekerja di Humanity and Inclusion di Yogyakarta.

Pertunjukkan nanti juga dimeriahkan  pameran, launching  buku perdana ‘ Aku Perempuan Unik’, bazaar dan craft perempuan. (*)