Jateng Editor : Danar Widiyanto Senin, 15 Oktober 2018 / 15:51 WIB

Rusuh, 30 Napi Dipindah ke Nusakambangan

SRAGEN, KRJOGJA.com - Sebanyak 30 orang warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Sragen dipindahkan ke Lapas Kelas II A Besi Nusakambangan dan Lapas Salatiga. Narapidana yang dipindah tersebut merupakan penghuni blok narkoba sebagai buntut kerusuhan pengeroyokan yang terjadi beberapa hari lalu. 

Kalapas Kelas II A Sragen, Yosef Benyamin Yembise, Senin (15/10/2018) mengatakan, keputusan memindahkan sejumlah narapidana tersebut didasari pada kerusuhan antarnapi beberapa waktu lalu. "Mereka yang dipindahkan memang napi penghuni blok narkoba yang terlibat kerusuhan," ujarnya.

Menurut Yosef, sebanyak 30 napi itu sudah dipindah dengan mobil keamanan dan dengan pengawalan ketat dari petugas Lapas dan Polres Sragen. Dari 30 napi itu, 27 napi dipindahkan ke Lapas Besi Nusa Kambangan, sedangkan tiga napi lainnya dipindahkan ke Lapas Salatiga.

Kasat Sabhara Polres Sragen AKP Agung Ari Purwono menambahkan, pihaknya mengerahkan sebanyak 10 personel Sabhara bersenjata lengkap untuk mengawal pemindahan napi Lapas Sragen menuju dua lokasi Lapas lainnya. Tiga napi yang dipindah ke Salatiga masing-masing napi satu orang napi narkoba, satu orang napi perkara Undang-undang Peradilan Anak (UUPA) dan satu orang napi kasus pencurian dengan kekerasan.

Sementara, 27 napi lainnya yang dipindahkan ke Lapas Besi Nusakambangan, dalam perkara narkotika sebanyak 26 napi dan satu orang napi dalam perkara UUPA. "Pemindahan napi berjalan lancar karena sudah dipersiapkan dengan baik sebelum pemberangkatan, Kami (polisi) hanya membantu pengamanan sampai lokasi pemindahan," tambahnya.(Sam)