Peristiwa Editor : Tomi sudjatmiko Jumat, 12 Oktober 2018 / 12:04 WIB

Budaya Bupolo 2018 Bukti Keberagaman Kabupaten Buru

BURU, KRJOGJA.com - Semangat merah putih dan keberagaman Indonesia terlihat di Karnaval Budaya di Kabupaten Buru, 12 Oktober 2018. Karnaval yang masuk ke dalam rangkaian Festival Pesona Bupolo 2018 itu berlangsung meriah dan khidmat.

Betapa tidak, dalam acara tersebut beragam suku dan etnis yang sudah menetap lama di Kab. Buru  mengikuti pawai atau karnaval aneka kesenian khas daerah dan menampilkan kreativitas dari setiap Daerah.

Kegiatan yang digelar secara terbuka laiknya pawai budaya itu mendapat perhatian masyarakat sekitar, terutama di sepanjang jalur karnaval budaya  yang melalui sejumlah jalan di Kota Namlea tersebut. Ribuan warga memadati sepanjang jalur karnaval. Disaksikan langsung oleh Bupati Buru dan stake holder Kabupaten Buru acara berlangsung seru. Para peserta dari berbagai kecamatan berhasil unjuk gigi di depan penonton yang  memadati acara.

Bupati Buru Ramly Umasugi mengatakan, karnaval budaya dengan tema terfokus seperti ini bagus untuk pengembangan serta penguatan nilai kearifan lokal, terutama dalam merangsang pertumbuhan seni-budaya daerah agar lebih berkembang. 

"Semua dikemas untuk menampilkan karakter budaya daerah dan kreatifitas seperti ini diharapkan bisa menjadi etalase budaya yang ditampilkan secara terbuka. Ini bukti bahwa daerah kami sangat beragam namun tetap satu jua. Yang paling penting lagi adalah masyarakat kami juga sangat welcome dengan pariwisata Indonesia,"kata Bupati.

Karnaval yang heboh itu satu dari banyaknya rangkaian yang ada di festival tersebut. Festival ini juga bertepatan dengan  Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Buru ke 19. Acara tersebut digelar di Lapangan Pattimura Kota Namlea pada pagi harinya.

Perayaan dihadiri Bupati Buru Ramly Umasugi, Wakil Bupati Buru Amostafa Besan, Perwakilan Pemerintah Provinsi Maluku, Danrem 151/Binaiya Kolonel Inf Hartono, acara festival ini juga dihadiri oleh Kepala bidang area IV, mewakili Asisten Deputi Pemasaran I Regional III serta unsur orkopimda Buru serta undangan lainnya.

Pada acara tersebut juga Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati memberikan penghargaan kepada Pemkab Buru atas keberhasilan menyusun dan menyajikan laporan keuangan tahun 2017 dengan capaian opini wajar tanpa pengecualian (WTP). Penghargaan diserahkan Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Ambon Mohammad Irfan Suryawardana yang diterima Bupati Buru. Selain makan patita bersama, perawaan HUT Kabupaten Buru bertemakan “Kerja Nyata Untuk Senyum Bupolo” juga dimeriahkan sejumlah tarian adat khas Maluku. (*)