DIY Editor : Danar Widiyanto Senin, 08 Oktober 2018 / 15:20 WIB

Mau Ziarah ke Makam Kota Gede, Perhatikan Jam Masuk Ini

KOTA GEDE merupakan salah satu wilayah di Kota Yogyakarta yang masih lekat dengan warisan bersejarah. Salah satunya adalah Makam Raja-raja Mataram yang terletak di kawasan bersejarah di selatan Kota Yogya. 

“Didalamnya (area pemakaman) ada makam pokok, itu yang di dalam bangunan, diluarnya itu makam trah," jelas Hastono seorang abdi dalem yang sedang berjaga menceritakan isi dari area makam. 

“Total makam yang ada di makam pokok itu 81, kalau yang diluar itu lebih banyak lagi, kira – kira 500 lebih,” tambah Hastono sambil melihat buku denah makam.

Terdapat beberapa peraturan yang harus dilakukan sebelum masuk ke dalam komplek makam raja – raja Mataram diantaranya harus menggunakan pakaian khas abdi dalem untuk laki - laki dan menggunakan kain jarik, kemben, dan melepas jilbab untuk perempuan. Didalam makam terdapat larangan untuk memotret. Untuk masuk kedalam pemakaman dan menyewa perlengkapan wisatawan bisa membayar secara sukarela guna dana operasional sekretariat. 

Jam operasional untuk umum adalah hari Minggu, Senin, Kamis dan Jumat. Untuk hari Minggu, Senin, Kamis mulai pukul 10.00 – 13.00 wib, sedangkan hari Jumat mulai pukul 13.00 -  16.00 wib. 

Selain Makam Raja – raja Mataram juga terdapat Sendang Seliran. Sendang Seliran merupakan kolam pemandian umum yang masih digunakan masyarakat dan memiliki nilai sejarah. 

Diceritakan pada masanya, “Panembahan Senopati mau shalat maghrib, tapi tidak ada air, jadi dia semedi atau berdoa pada Tuhan dan injak tanah 3 kali dari situ air keluar,” jelas Hastono.

Sumber air tersebut kemudian digali dan diperluas serta dijadikan sendang kakung atau kolam pemandian untuk laki – laki. Lalu pada masa kepemimpinan Sri Sultan Hamengku Buwono I, dibuatkan sendang putri atau pemandian untuk Perempuan.(Anggit Dwi Prayoga)