DIY Editor : Tomi sudjatmiko Selasa, 09 Oktober 2018 / 14:10 WIB

Jum’at Malam, Teater Tradisional Dipentaskan di Ngabangan

SLEMAN, KRJOGJA.com – Seni teater tradisional mulai dikembangkan oleh masyarakat Kabupaten Sleman. Salah satu kelompok yang mulai mengembangkan seni teater tradisional tersebut adalah Kelompok Seni Teater Rogo Budoyo Ngabangan V Sidoluhur Godean Sleman dibawah pembinaan aktivis budaya Hestu Widodo. 

Kelompok yang beranggotakan 40 orang dari remaja setempat yang dipimpin oleh Rochmat Hidayat ini akan melakukan pementasan pada Jum’at malam 12 Oktober 2018 di Ngabangan V Sidoluhur Godean yang akan menampilkan lakon “Wong salah seleh, wong temen tinemu” dengan penulis naskah dan sutradara Samijan, dan penata musik Bowo.

Demikian dinyatakan oleh Kepala Bidang Dokumentasi, Sarana dan Prasarana Kebudayaan Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman Wasita, SS, M.AP Senin 8 Oktober 2018 dikantornya Jl. KRT Pringgodiningrat No.11 Beran Tridadi Sleman.

Wasita menambahkan bahwa pementasan tersebut  akan diawali dengan berbagai atraksi tarian anak serta dimeriahkan oleh Grup Rieesma Plus dan Rabies dkk. Pagelaran tersebut merupakan salah satu kegiatan dalam rangka implementasi program dana keistimewaan DIY yaitu pembinaan dan pengembangan penyelenggaraan event penggiat seni yang pada tahun ini diperuntukkan bagi 10 kelompok.

Diharapkan melalui program tersebut potensi kebudayaan lokal yang berada di level akar rumput dapat termotivasi sehingga dapat tumbuh dan berkembang secara alami, yang pada gilirannya akan tercipta masyarakat yang berbudaya dan memperkuat keistimewaan DIY. (*)