Hiburan Editor : Danar Widiyanto Kamis, 27 September 2018 / 16:10 WIB

Peringati Hari Tani, JB Blues Luncurkan Video 'Traktor Man'

MEMERINGATI Hari Tani Nasional yang jatuh pada 24 September 2018 lalu, Jero Benteng (JB) Blues merilis video klip lagu "Traktor Man" ke laman Youtube. 'Traktor Man' sendiri lagu yang terdapat di album penuh perdana band beranggotakan Amar (vokal, gitar), Risky Farid (Bass), Arga (Keyboard), Ricky (Drum), Bimo Sejati (Saxophone), Aspasia (Saxophone), dan Nasrullah (terompet) yang rilis Februari 2018 lalu. Video Klip ini sengaja dirilis JB sebagai media berbagi energi positif dari para petani.

"Hari Tani merupakan momen yang pas untuk lagu 'Traktor Man' sekaligus berbagi energi positif untuk para petani yang semakin tidak mendapatkan perhatian yang cukup baik, disepelekan profesinya," beber Amar.

Riski menambahkan banyak para petani yang tidak dihargai jerih payahnya, terlebih zaman sekarang di mana menjadi petani dipandang sebelah mata. Banyak anak-anak muda dari Desa meninggalkan rumah dan sawah mereka ke kota demi menjadi pegawai atau karyawan perusahaan dengan gaji mentereng. Tidak banyak lagi anak muda mau menggarap sawah sementara para petani tua tak bisa melawan usia. Lagu dan video klip 'Traktor Man' juga menyuarakan realitas itu.

"Sosok di dalam video klip 'Traktor Man' yang sudah bisa disaksikan di Channel Youtube JB Blues juga seorang petani sekaligus pengguna traktor keliling di daerah Blitar. Nama sosok dalam video klip itu Mas Agus. Biasanya Mas Agus keliling menggarap sawah orang-orang yang membutuhkan jasa bajak sawah dengan traktor," sambung Riski.

'Traktor Man' adalah lagu ke-2 dalam album perdana mereka yang telah dibuat video klipnya. Beberapa waktu lalu JB Blues juga sudah merilis video klip 'Cerah' yang mengambil tempat di salah satu pantai Gunungkidul. Untuk 'Traktor Man' pembuatan video klipnya dilakukan di Blitar sejak awal tanam tahun ini. Prosesnya memakan waktu yang cukup cepat karena ide pembuatan video klip 'Traktor Man' sudah cukup lama dalam benak mereka. Pengambilan gambar sendiri dioperatori Taufan P. Ardiansyah, Hagi Septida, dan Yadi Darmawan. Sedangkan proses editing diseksekusi Adhie Bona.

"Waktu proses pengeditan stok foto kurang, akhirnya mengambil beberapa gambar di daerah Kasongan Bantul," kisah Amar.

JB Blues punya harapan sekaligus doa bagi mereka yang sudah menyaksikan video klip 'Traktor Man'. Band yang punya aksi panggung unik dan menghibur ini berharap pesan dalam karya mereka bisa sampai ke pendengar yang akhirnya mulai menghargai para petani. Mereka yakin sejatinya pahlawan zaman sekarang bukan orang-orang pembuat kebijakan yang duduk nyaman di kursi pemerintahan. 

"Pahlawan sekarang itu para petani, kalau tidak ada mereka kita makan apa," tegas Riski.(Des)