Jateng Editor : Tomi sudjatmiko Kamis, 27 September 2018 / 14:05 WIB

TNI AL dan Pelni Dukung Kemaritiman

SEMARANG, KRJOGJA.com - Politeknik Maritim Negeri Indonesia (Polimarin) menganugerahkan  penghargaan kepada tujuh tokoh dan institusi maritim dalam Seminar Nasional Pendidikan Vokasi yang digelar di Hotel Para Jasa Semarang, Kamis (27/9/2018).

Mereka yang mendapat anugerah penghargaan antara lain Prof Dr M Nuh (Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI 2009-2014), Prof Dr Djoko Santoso (Mantan Dirjen Dikti 2010-2014), Hendrar Prihadi (Wali Kota Semarang), Cun Ming (Penangkar Hiu Karimunjawa), dan Kapten Kartini (Nahkoda Kapal Niaga Wanita Pertama Indonesia). Sedangkan institusi yang mendapatkan TNI Angkatan Laut dan PT Pelni Indonesia. 

Untuk penghargaan kepada PT Pelni diserahkan kepada Direktur Utama PT PELNI Insan Purwarisya L Tobing oleh Direktur Polimarin Dr Sri Tutie Rahayu.
Direktur Polimarin, Dr Sri Tutie Rahayu mengatakan penganugrahan penghargaan kepada tujuh tokoh dan institusi itu sebagai kepekaan perguruan tinggi dalam memilih tokoh dan institusi yang telah menjadi inspirasi nasional di bidang maritim. Proses pemilihannya melalui kajian dan penelitian, sehingga bisa dipertanggungjawabkan hasil pilihan tersebut kepada masyarakat.

"Penganugerahan ini juga ada dalam tugas Polimarin yang tertuang dan diamanahkan dalam statuta", ungkap Sri Tutie Rahayu di selapenyelenggaraan Dies Natalis Polimarin yang ke-6.

"Ketujuh penerima penghargaan ini punya perannya masing-masing. TNI AL misalnya, institusi ini sangat penting dalam menjaga kedaulatan RI diperairan. Kami berharap penghargaan ini memberikan motivasi dan semangat kepada prajurit di sana. Sebab mereka juga melakukan penelitian di kapal perang dan ada hubungannya dengan pendidikan dan perguruan tinggi. Taruna-taruni Polimarin sudah diberikan kesempatan untuk berlayar di kapal perang TNI AL dalam beberapa tahun terakhir," papar Tutie. (Cha)