Jateng Editor : Ivan Aditya Rabu, 26 September 2018 / 18:45 WIB

Rastera Resmi Berakhir

PATI, KRJOGJA.com - Bantuan sosial (Bansos) beras sejahtera (Rastera) untuk kelompok penerima manfaat (KPM) bulan September ini secara resmi berakhir. Namun bantuan pangan non tunai (BPNT) yang semula dipersiapkan sebagai penggantinya, ternyata belum siap. Padahal, bantuan tersebut harus sudah diterima tiap rumah tangga sasaran (RTS) mulai bulan Oktober.

Dari program BPNT, nantinya tiap RTS akan menerima natura beras dan telur senilai Rp 110.000 dan diambil di warung atau agen dengan sistem gesek. Namun pihak pengelola BPNT Pati sampai saat ini belum menyatakan kesiapannya, baik menyangkut jumlah warung (agen) maupun kartu pengambilannya.

Petugas pengantar Bansos Rastera dari Gudang Bulog ke RTS penerima, Sanusi mengungkapkan penyaluran Bansos Rastera sudah tuntas Senin (24/09/2018) lalu. Pihaknya menyerahkan bantuan secara langsung ke  96.555 RTS. "Tetapi untuk program BPNT, kami belum tahu perkembanganya" ujarnya kepada KRJOGJA.com, Rabu (26/09/2018).

Untuk penyediaan beras program BPNT tetap dari  Perum Bulog sebagai penyangga ketersediaan kebutuhan pangan nasional. (Cuk)