Peristiwa Editor : Danar Widiyanto Rabu, 26 September 2018 / 15:10 WIB

Gelar Munas di Kendari, Pramuka Cari 'Kakak' Baru

KENDARI, KRJOGJA.com - Musyawarah Nasional (Munas) Gerakan Pramuka X di Kendari, Sulawesi Tenggara, resmi dibuka hari ini (26/9). Sebanyak 34 Ketua dan delegasi Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka dari seluruh Indonesia hadir dalam forum tertinggi Pramuka tersebut. 

Munas yang berlangsung tanggal 25 – 29 September 2018 di Hotel Grand Clarion, Kendari itu dibuka oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi sebagai perwakilan pemerintah. 

Ketua Kwarnas Adhyaksa Dault mengatakan, Munas Pramuka 2018 menekankan fokus terhadap pembentukan kader pemimpin bangsa. Hal ini, sesuai semangat Munas 2018, Pramuka sebagai wadah utama pembentukan kader pemimpin bangsa.

"Kami ingin menjadikan forum ini sebagai fondasi untuk membentuk kader pemimpin bangsa yang kredibel, berkarakter dan berkualitas," ujar Adhyaksa Daud.

Adhyaksa menambahkan, Munas Pramuka 2018 akan memilih pemimpin baru periode 2018-2023. Dalam prosesnya, akan mengedepankan suasana kekeluargaan dan mufakat. 

"Kita semua adalah keluarga besar Pramuka. Persatuan dan kekeluargaan selama Munas adalah yang nomor satu," katanya.

Sementara itu, Menpora Imam Nahrawi mengatakan Munas Pramuka yang digelar di Kota Kendari diharapkan mampu melahirkan pemimpin tangguh. Sebab, di dalam Pramuka merupakan wadah penggemblengan kader mulai dari siswa hingga pemuda.

"Di dalam Pramuka, ada Dasa Dharma Pramuka yang memiliki nilai luhur yang luar biasa. Jika itu bisa dilakukan dan diamalkan pada ajang ini, sangat luar biasa," ujarnya.(*)