Hiburan Editor : Danar Widiyanto Minggu, 23 September 2018 / 18:10 WIB

PESBUKERS CARI TALENTA

Anak Muda Yogya Adu Kreativitas

PARA bintang Pesbukers sibuk mencari bakat di Yogyakarta Minggu (23/9/2018). Berlangsung di Ambarukmo Plaza sejak pagi hingga malam, para bintang Pesbuker seperti Raffi Ahmad, Dewi Persik, Ayu Ting Ting, Eko Patrio, Vega Darwanti, Bang Sapri, Caisar, dan Anwar pun dibuat berdecak kagum dengan anak muda yang menunjukkan kreativitas di atas panggung yang disaksikan ratusan pasang mata. Para anak muda Yogya ini menampilkan seni gerak seperti tari tradisional dan kontemporer, teater, hingga adu suara.

Salah satunya Nur Agik, pegiat tari tradisional asal Kulon Progo. Begitu tahu ada audisi via media sosial, penari sekaligus solois tembang Jawa ini tak berpikir dua kali untuk mendaftar. Antri sejak pagi Nur Agik pun tampil menghibur dengan tari tradisional dengan langgam Jawa yang juga dinyanyikannya sendiri. Ia pun mendapat tiga dari empat suara dewan juri (Caisar, Vega, Bang Sapri, dan Anwar) di babak penyisihan.

"Motivasi ikut acara ini ingin Go Nasional, agar tari tradisional Kulon Progo dan langgam Jawa bisa eksis nasional. Tadi saya nyanyi lagu 'Lingsir Wengi' yang sebenarnya tidak boleh dinyanyikan sembarangan, tapi saya memberanikannya ditambah tari. Berani saja modalnya ikutan audisi dengan materi yang ada," ceritanya ditemui setelah turun panggung.

Adapun Yogyakarta adalah satu dari lima kota audisi pencarian bakat Pesbukers. Sekitar seribuan warga mengikuti audisi sejak pagi. Di babak penyisihan empat juri mengerucutkan peserta menjadi 20 yang akan dikerucutkan lagi menjadi 10. Di babak final 10 peserta ini kembali dikerucutkan hingga menyisakan satu peserta. Sistem sama juga berlaku di kota lain tempat berlangsungnya audisi. Kelly Da Cunha selaku General Manager (GM) Produksi ANTV membeberkan alasanya adanya audisi.

"Selain mencari bakat yang memiliki kemampuan menghibur masyarakat, serta tentunya membuka interaksi antarbintang Pesbukers dan penggemar, kami berharap bakat-bakat anak muda di kota-kota lain lebih berkembang menuju layar kaca melalui Pesbukers sekaligus memberikan warna yang lebih variatif pada program Pesbukers reguler untuk pemirsa televisi Indonesia," bebernya.

Untuk tahun ini audisi Pesbukers sedikit berbeda. Tahun ini bersama Teh Pucuk Harum mereka mengadakan program "Ledakkan Pesbukers" di mana lima pemenang yang telah membeli produk Ledakkan akan berksempatan ngobrol santai dengan pihak juri. Di Yogykarta, pihak Pesbukers tidak sekadar menggelar audisi. Mereka juga menghibur pengunjung Mall dengan mendatangkan artis Pesbukers lain seperti Selfi Nafilah, Hesty Klepek-Klepek, Widhi KDI, Resty Ananta, dan Lia Pusvita.(Des)