Pendidikan Editor : Tomi sudjatmiko Minggu, 23 September 2018 / 19:10 WIB

Akpelni Wisuda 339 Taruna Taruni, Siap Berubah Jadi Politeknik

SEMARANG,KRJOGJA.com -  Akademi Pelayaran Niaga Indonesia (Akpelni) Semarang menggelar upacara wisuda bagi 339 taruna/taruni di kampus Akpelni kawasan Bendan Duwur, Semarang Jumat (21/09/2018). 

Wisuda dihadiri Sekretaris Direktorat Jenderal Kelembagaan Iptek dan Dikti Kemenristekdikti Dr Ir Agus Indarjo MPhil sebagai inspektur upacara, Ketua  Yayasan Wiyata Dharma Dr Capt Sri Untung MM MMar, Direktur Akpelni Capt Achmad Sulistyo MM MMar, dan Kepala Lembaga Layanan Dikti Wilayah VI Jateng Prof Dr DYP Sugiharto MPd Kons.

Dr Ir Agus Indarjo MPhil menyatakan kemenristekdikti mendukung penuh upaya perubahan Akpelni dari akademi menjadi Politeknik sehingga pengembangan ilmu dan keahlian taruna/taruninya semakin bisa dikembangkan. Usulan perubahan status tersebut saat ini sudah ada di tangan Kemenristekdikti dan sedang dalam proses serta evaluasi.

Sementara itu Ketua Yayasan Wiyata Dharma Dr Capt Sri Untung MM Mmar dan Direktur Akpelni Capt Achmad Sulistyo MM MMar menyatakan pihaknya sedang menunggu perubahan status menjadi politeknik. Perubahan status menjadikan lembaga pendidikan tinggi kemaritiman ini bisa mengembangkan keilmuan dengan membuka prodi sarjana sains terapan serta magister sains terapan di bidang kemaritiman. 

Dukungan berbagai sarana prasarana sudah dimiliki Akpelni di antaranya simulator peta elektronik, simulator kamar mesin, simulator anjungan, berbagai radar, harpa dan lain lain. (Sgi)