Jateng Editor : Tomi sudjatmiko Selasa, 18 September 2018 / 16:26 WIB

Anak Diajak Mengemis, Satpol PP Amankan Dua Wanita

KEBUMEN KRJOGJA.com - Dua perempuan warga Desa Selandaka Kecamatan Sumpiuh Banyumas diamankan petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kebumen  saat mengemis di perempatan Desa Muktisari Kecamatan/Kabupaten Kebumen, Selasa (18/9).

"Ironisnya saat mengemis di perempatan lampu merah tersebut keduanya  membawa serta anak mereka yang masih sangat belia, masih di bawah umur,  yaitu 14 bulan," ungkap Kabid Tibum dan Tranmas Satpol PP Kebumen, Dr Suratno, di ruang kerjanya, Selasa (18/09/2018).

Selain melanggar aturan tentang larangan mengemis, kedua perempuan tersebut juga diduga mengeksploitasi anak di bawah umur untuk kepentingan ekonomi  mereka. Membawa anak di bawah lima tahun (balita) untuk mengemis di kawasan  yang ramai oleh lalu lalang kendaraan bermotor, juga di bawah terik matahari,  dinilai Suratno sangat tidak manusiawi.

" Menurut pengakuan keduanya, mereka memang sengaja berangkat dari desa mereka  ke Kebumen dengan naik bus, kemudian sambil menggendong anak yang masih kecil  mereka meminta uang kepada warga masyarakat yang melewati perempatan Muktisari," ujar Suratno.

Dalam kesempatan pemeriksaan di Kantor Satpol PP Kebumen, petugas memberikan pembinaan kepada keduanya tentang larangan mengemis dan mengeksploitasi anak di bawah umur. Mereka pun diperingatkan agar tak mengulangi perbuatan mereka. "Setelah pemeriksaan, keduanya akan kami antar ke Terminal Bus Kebumen  kemudian kami naikkan bus menuju desanya," ujar Suratno. (Dwi)