Gaya Hidup Editor : Tomi sudjatmiko Selasa, 18 September 2018 / 10:55 WIB

Kurangi Angka Kematian Ibu dan Bayi, Posyandu Selancar Bahagia Diluncukan

KLATEN, KRJOGJA.com - Guna mencegah dan menanggulangi angka kematian ibu dan bayi di Puskesmas Ceper,  diluncurkan Posyandu ibu hamil risiko tinggi (risti) 'Selancar Bahagia', Rabu (17/08/2018) di Desa Kujon. Adapun arti dari Selancar Bahagia adalah selamat, aman, lancar dan bahagia.

"Kegiatan di Posyndu adalah pendampingan utk ibu hamil risiko tinggi dengan memberikan pemantauan lebih intensif setiap bulan terhadap semua ibu hamil risiko tinggi guna mencegah serta meminimalisir dampak selama kehamilan," ungkap Kepala Puskesman Ceper dr Hanung sebagaimana keterangan persnya.

dr Hanung mengakui banyak ibu hamil risiko tinggi di Puskesmas Ceper seperti usia ibu lebih dari 35 tahun, jarak kehamilan kurang dari 2 tahun dan Ukuran lingkar lengan atas (LILA) kurang dari 23,5 cm. Risiko lainnya adalah anemia, anak lebih dari 4, riwayat obstetrik yang jelek (SC, hipertensi, penyakit jantung, diabetes mellitus dll) sehingga menjadi penyebab kematian ibu hamil.

"Guna mengurangi risiko itu kegiatan posyandu selancar bahagia meliputi penimbangan berat badan, pengukuran lingkar lengan atas (LILA), pengukuran tekanan darah, pemeriksaan HB dan pemeriksaan denyut jantung janin. Lainnya pengukuran tinggi fundus, pemberian makanan tambahan (PMT) untuk ibu hamil, pemberian tablet tambah darah dan asam folat secara gratis serta penyuluhan dan konseling, tandasnya. (*)