DIY Editor : Tomi sudjatmiko Minggu, 16 September 2018 / 12:54 WIB

Kepedulian Warga Dukung Kecamatan Inklusi

YOGYA, KRJOGJA.com -  Keberhasilan kecamatan inklusi sangat tergantung kepedulian warga. Terutama dalam menggandeng dan memberikan peran bagi penyandang disabilitas untuk membaur dan berkarya positif. Hal itu terjadi di Jetis sebagai kecamatan inklusi di Kota Yogya yang paling aktif menggelar kegiatan.

”Kami tidak pernah berhenti untuk gencar mensosialisasikan kecamatan inklusi. Tiga kelurahan yang ada di Jetis yakni Gowongan, Bumijo, dan Cokrodiningratan juga sudah kami sosialisasikan. Intinya semoga
semua warga bisa peduli terhadap penyandang disabilitas. Begitu juga penyandang disabilitas bisa memiliki semangat,” tandas Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Jetis Supardiyono di sela peringatan HUT ke-1 Forum Kecamatan Inklusi (FKI) Jetis Ramah Disabilitas (Jeradis), Sabtu (15/9).

Supardiyono yang juga penyandang disabilitas ini menilai, kecamatan inklusi sengaja dibentuk guna memberikan ruang bagi semua orang untuk berkarya tanpa memandang keterbatasan yang dimiliki. Pihaknya setiap tahun juga rutin melakukan pendataan warga penyandang disabilitas guna mengetahui populasi, persoalan serta kebutuhannya.

Saat ini, di Kecamatan Jetis terdapat 254 warga penyandang disabilitas. Secara berkala, melalui Forum Jeradis,pihaknya melakukan pertemuan dengan para orangtua yang memiliki anak penyandang disabilitas. Pertemuan rutin itu sekaligus merumuskan berbagai kegiatan yang bisa digelar dalam rangka memfasilitasi potensi warga difabel. (*-Dhi)