Pendidikan Editor : Tomi sudjatmiko Minggu, 16 September 2018 / 12:24 WIB

'Pandawa' Bangun Karakter dan Pola Pikir Kritis

YOGYA, KRJOGJA.com - Mengawali perkuliahan Tahun Ajaran 2018/2019, Akademi Manajemen Administrasi (AMA) YPK Yogyakarta menyelenggarakan kegiatan Pekan Dasar Mahasiswa (PANDAWA), bagi para mahasiswa baru (Maba). Kegiatan berlangsung selama tiga minggu, dimulai sejak 16 Agustus lalu bertujuan memperkenalkan kehidupan kampus kepada Maba, yang sangat berbeda dengan kehidupan sebagai pelajar di tingkat SMA.

Direktur AMA YPK Yogyakata Anung Pramudyo SE MM mengatakan, melalui kegiatan Pandawa ini diharapkan Maba secepatnya beradaptasi dengan lingkungan kampus maupun lingkungan sosial masyarakat di sekitar kampus. "Maba harus selalu berhati-hati dalam memilih pergaulan karena jauh dengan orang tua, sehingga tidak terjerumus ke pergaulan yang salah dan tidak bermanfaat," katanya kepada KRJOGJA.com Sabtu (15/9/2018).

Kegiatan Pandawa diawali upacara tradisi penjaketan bagi Maba dilanjutkan kuliah umum, di antaranya kuliah kebangsaan dengan narasumber dari TNI, Polri, BNN dan Budayawan. Rangkaian acara lainnya orientasi akademik, Achievement Motivation Training (AMT), smart spiritual dan perkenalan organisasi Badan Eksekutuf Mahasiswa (BEM) serta Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM).

Ketua Panitia Ir Edi Cahyono MM mengatakan, acara Pandawa tahun ini diikuti 119 Maba dan 25 pendamping terdiri dosen, karyawan dan mahasiswa. "Target dari pelaksanaan acara Pandawa ini agar para Maba terbangun karakter kemandirian serta terbiasa dengan pola pikir kritis, dinamis dan konstruktif serta berani mengambil keputusan," kata Edi. (Dev)