DIY Editor : Agus Sigit Minggu, 16 September 2018 / 05:12 WIB

DIPILIH 75% CALON PENGANTIN

Gaun Pengantin Muslimah Semakin Digemari

YOGYA, KRJOGJA.com - Tren fashion gaun pengandin (wedding) muslimah di Indonesia, termasuk di Yogyakarta terus meningkat. Sekitar 75 persen konsumen yang memesan gaun pengantin, memilih berkonsep muslimah (hijab).

"Pasar gaun pengantin muslimah saat ini sedang bagus, maka kita eksplor terus model yang paling digemari konsumen," terang fashion desainer Raditya Putra dari Putra Brilliant Wedding disela Hijab Show 'Expression #2' di Atrium Galeria Mall Yogyakarta, Jumat (14/9/2018) malam. Hijab show diselenggarakan Asmat Pro.

Dalam hijab show kali ini, Putra menampilkan 14 gaun muslimah bridal premium karyanya, berbahan komersil dengan sentuhan payet dan kristal swarovski. Sedangkan untuk warna, khusus gaun akad nikah, masih didominasi warga putih. Namun Putra mulai memasukkan warna-warna pastel seperti mocca gradasi, mocca purple, mocca flowers dan mocca terracotta. "Warna pastel mocca terracotta akan menjadi tren warna di tahun 2019 mendatang," katanya.

Sedangkan untuk desain gaun terutama bagian lengan, Putra memilih lengan berbentuk terompet atau lonceng yang banyak digemari. Sedangkan untuk gaun muslimah saat resepsi, Putra memberikan variasi warna yang lebih berani seperti warna merah atau hitam. Khusus warga hitam diperuntukkan bagi pengantin yang ingin tampil seksi dan elegan. Kemudian bagi pengantin perempuan yang gemuk, Putra menambahkan slayer (sayap) pada gaun agar tidak terkesan gemuk. "Memilih warga gaun, juga kita sesuaikan dengan konsep dari dekorasi agar serasi," katanya.

Dijelaskan Putra, gaun-gaun yang ditampilkan dalam hijab show kali ini merupakan gaun perdana atau custom yang didesain menyesuaikan permintaaan konsumen. Menurutnya, konsumen biasanya sudah punya referensi gaun yang diperoleh dari media sosial. Sebagai seorang fashion desainer, Putra memberikan masukan dan arahan, model gaun yang paling pas. "Gaun dibuat sedemikian rupa untuk meningkatkan kepercayaan diri pengantin, jadi kita tonjolkan kelebihannya dan kita tutupi kekurangannya melaui gaun ini," pungkasnya. (Dev)