DIY Editor : Agus Sigit Selasa, 11 September 2018 / 20:22 WIB

Muhi Monaco 2018 Meriah, Peserta Lampaui Target

YOGYA, KRjogja.com -  Muhi National Competition (Monaco) 2018 yang digelar di kompleks SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta berlangsung meriah, pada 10-11 September 2018. Tercatat ada  856 peserta dari berbagai wilayah Indonesia yang mengikuti ajang yang telah menjajaki tahun ketiga ini.

"Tahun ini peminatnya dari beragam daerah, asal nya paling jauh dari Jayapura, Samarinda, Balikpapapan, Makasar, Palembang, Bengkulu, dan beberapa daerah Jawa," ungkap Muhammad Afif selaku ketua panita Monaco 2018.

Terdapat 17 cabang yang diperlombakan dengan dua kategori yang baru, yakni Tapak Suci dan kompetisi Dai Muda. Meski baru, Tapak Suci diminati oleh 186 peserta dan menjadi cabang lomba dengan peserta terbanyak.

Kemeriahan rangkaian lomba bertambah dengan adanya pentas seni yang menghadirkan grup band ternama, The Rain yang tampil pada senin (10/09/2018) malam. Selain itu hadir pula beberapa grup band lokal dan penampilan siswa.

Salah satu pendamping kontingen Tapak Suci asal Ngawi mengungkapkan kesan cukup baik tentang ajang ini. "Saya rasa cukup baik, apalagi bagi peserta yang berasal dari daerah jauh disediakan fasilitas penginapan di sekolah ini secara gratis,  "ungkap Muhammad Suyuti (24) pendamping peserta dari pondok Ulil Albab Ngawi.

Tahun 2018 ini menjadi gelaran Muhi Monaco dengan peserta terbanyak dari sebelumnya. Target yang dicanangkan panitia terlampaui. "Tahun ini awalnya kami targetkan 700 peserta, namun antusiasme jauh dari yang kami targetkan, " pungkasnya. (Hammam Izzuddin)