Olahraga Editor : Danar Widiyanto Minggu, 09 September 2018 / 20:10 WIB

Andrea Dovizioso Juara MotoGP San Marino

MISANO, KRJOGJA.com - Rider tuan rumah Italia, Andrea Dovizioso membantu Ducati menorehkan sejarah dengan memenangi MotoGP San Marino di Sirkuit Misano, Minggu (9/9/2018) malam.

Berkat  kemenangan tersebut , Ducati sukses memenangkan dua balapan kandang dalam satu musim kompetisi sejak mengikuti MotoGP pada 2003. Mereka sebelumnya menjuarai MotoGP Italia lewat rider Jorge Lorenzo. 

Dovizioso yang akhirnya merebut podium utama, setelah membukukan waktu 42 menit 5,426 detik. Sedangkan  Pimpinan klasemen Marc Marquez pada posisi kedua dengan waktu (+2,822 detik). Sedangkan Cal Crutchlow (+7,269) melengkapi podium. ketiga .  Cal Crutchlow dalam balapan kali ini, bagai mendapat durian runtuh, karena sebelum  Jorge Lorenzo jatuh di dua lap  terakhir, ia menempati posisi keeempat.

 Sebenarnya dalam balapan  di Misano ini,  Tim  Ducati berpeluang  menempati  finish pada posisi I dan II. Tapi di dua lap terakhir Lorenzo yang bersaing  keras dengan Marc Marquez  (Repsol Honda)  untuk menempati posisi  kedua dan ketiga,  Lorenzo terpental dari motornya.  Sehingga  ia gagal naik podium. Akibatnya, tiga podium utama diisi Andrea Dovizioso (Ducati), Marc Marquez ( Repsol Honda) dan  Car Crutchlow (LCR Honda).

Meski terjatuh, Lorenzo memang masih bisa melanjutkan balapan. Namun pada akhirnya ia harus puas finis di urutan ke-17.

Bagi  Andrea Doviozioso  juara di sirkuit Misano, ini adalah titel ketiga nya  pada MotoGP musim ini. Dia sebelumnya  berjaya pada seri Qatar dan Republik Ceko. 

Sebagai pemegang pole position, Lorenzo sukses mengamankan posisi terdepan pada beberapa putaran. Tapi, Dovizioso sukses menguasai posisi tersebut dengan kecepatan tinggi. 

Dia sukses memperlebar jarak menjadi 1-2 detik atas pesaing terdekat pada pertengahan balapan. Sedangkan Lorenzo dan Marquez saling menyalip memperebutkan posisi dua. 

Rider Valentino Rossi (Movistar Yamaha) gagal meraih  kemenangan dalam balapan ‘kandangnya’ di Grand Prix San Marino. The Doctor tersebut harus puas berada di peringkat  ketujuh, dan menyaksikan pembalap Italia lain, Andrea Dovizioso yang memanen 25 poin. Tapi, yang paling fatal,lagi Rossi tidak hanya semakin tertinggal dari Marquez di klasemen MotoGP 2018. Posisinya juga digusur Dovi. panggilan akrab  Andrea Doviozioso.(Rar)