Jateng Editor : Danar Widiyanto Senin, 10 September 2018 / 08:10 WIB

Bidan Cantik Ini Bikin Perpustakaan Keliling, Jadi Ingin Baca Buku

PATI, KRJOGJA.com - Sosok Dewi Citra (24), kini manjadi perbincangan masyarakat. Setiap hari libur dirinya menggelar lapak perpustakaan keliling secara gratis. Lulusan akademi kebidanan di Kudus yang kini menjadi bidan di desanya,  Badegan Kecamatan Margorejo tampak selalu ceria di perpustakaannya. Hampir seluruh harinya dihabiskan untuk membantu warga setempat.  

Tetapi kalau ada hari libur kerja, misalnya hari Minggu atau libur keagamaan, maka Dewi Citra dipastikan mengusung ratusan buku-buku koleksi pribadinya untuk dibawa ke halaman stadion Jaya Kusuma Pati. Dia lalu menggelar lapak persewaan perpustakaanya secara gratis. 

"Penyewa buku cukup menyerahkan kartu identitas, misal KTP atau SIM. Nanti kalau buku dikembalikan, lalu tanda pengenal penyewa kami serahkan," ujarnya, Minggu (9/9/2018). 

Ternyata lapak perpustakaan yang dibuka Dewi Citra mendapat tanggapan yang baik dari masyarakat. Banyak orang setelah berolahraga di komplek stadion Jaya Kusuma, kemudian mampir untuk membaca buku. Jika merasa belum tuntas, mereka kemudian menyewa untuk dibawa pulang. 

Meskipun jumlah buku yang dipinjamkan saat ini masih terbilang sedikit, namun Dewi Citra selalu berusaha untuk bisa menambah koleksinya. "Caranya, duit gaji dari bidan, sebagian saya belikan buku. Seperti buku agama Islam, novel, buku tentang obat-obatan, fungsi pot, dan buku manfaat olahraga ringan," tuturnya sambil lesehan. 

Dewi Citra mengaku akan sangat bahagia jika mendapat bantuan buku dari pihak manapun. Karena akan bisa untuk membantu masyarakat supaya tambah cerdas. "Membaca adalah jendela dunia," ucapnya membedah prinsip.(Cuk)