Wisata Editor : Tomi sudjatmiko Rabu, 29 Agustus 2018 / 17:11 WIB

Warga Thailand Minati Wisata 'Joglosemar'

BANGKOK, KRJOGJA.com - Kawasan Jogjakarta – Solo – Semarang (Joglosemar) sangat diminati warga Thailand karena pilihan wisata alamnya banyak dan murah. Termasuk wisata religi bernuansa Budha-nya juga sangat komplit.

Sekretaris Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar Edy Wardoyo juga sama. Begitu juga Dodo Sudrajat selaku Minister Konselor Penerangan Sosial dan Budaya KBRi Bangkok. Semua dibuat terdiam saat video presentasi seputar Jogjakarta, diputar di Hotel Lotus Sukhumvit di Hotel Lotus Sukhumvit.

"Ini adalah perjalanan peradaban manusia di Jawa dari zaman kuno. Kejayaan kerajaan Jawa. Juga kedatangan orang-orang Asia dan Eropa ke era sekarang,” tutur Wakil Ketua Tim Percepatan Sejarah, Religi, Tradisi dan Budaya Kemenpar Tendi Nuralam.

Pilihan perjalanan wisatanya diarahkan untuk dimulai dari Borobudur, sebuah kuil Budha Mahayana yang terdaftar di UNESCO yang dibangun selama masa dinasti Sailendra sebagai penguasa yang kuat pada abad ke-8. Keindahan dan kemegahan Candi Borobudur jangan ditarya lagi. Sudah pasti wow. Situs yang kerap memuat artikel dan foto geografi, sejarah, dan budaya terkemuka di dunia, National Geographic, sampai ikutan menobatkan Borobudur di top 3 Iconic Adventure dunia. 

Presiden ke-44 Amerika Serikat, Barack Obama sudah pernah menginjakkan kaki ke Borobudur. Begitu juga pendiri Facebook, Mark Zuckerberg, aktor Richard Gere, pesepak bola David Beckham, hingga aktor Charlie Chaplin. (*)