DIY Editor : Ivan Aditya Kamis, 30 Agustus 2018 / 11:39 WIB

Irigasi Bendung Klontong Dikebut, Ekonomi Masyarakat Sendangtirto Diharapkan Meningkat

SLEMAN, KRJOGJA.com - Presiden Joko Widodo dan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko Putro Sandjojo mengunjungi kawasan Bendung Klontong Sendangtirto Berbah Sleman Rabu (29/08/2018) kemarin. Presiden mengecek pembuatan irigasi tersier yang bakal mengairi 20 ribu hektare lahan pertanian di padukuhan tersebut.

Mendes PDTT Eko Putro Sandjojo mengatakan di Sendangtirto ada potensi besar 20 ribu hektare sawah yang membutuhkan pengairan baik untuk mampu memaksimalkan hasil pertanian. Pembangunan irigasi tersier menggunakan dana desa menurut dia jadi salah satu solusi untuk nantinya kedepan terurai permasalahan pengairan yang kadang menjadi penyebab tidak maksimalnya hasil pertanian.

Baca juga :

Jokowi Jawab Stuntman : Kalau Presiden Suruh Begitu, Gila Aja Bro

Buka Mahasabha KMHDI, Jokowi Ceritakan Pengalaman Main Pingpong Virtual

“Presiden mengecek pengerjaan akhir baik pemasangan batu maupun pemlesteran pada saluran irigasi tersier. Ada 20 ribu hektar sawah di padukuhan ini yang nantinya akan teraliri sehingga diharapkan hasil panen maksimal dan perekonomian petani terangkat,” ungkapnya pada wartawan.

Sementara Presiden Joko Widodo mengungkap sengaja datang ke Berbah untuk mengontrol penggunaan dana desa yang selama ini dikeluhkan sulit dalam hal pertanggungjawaban. “Saya ingin mengontrol agar tidak sulit pertanggungjawabannya. Irigasi di sini masih perlu diperpanjang lagi, harus diselesaikan tahun depan dan fokus pengembangan SDM, kalau infrastruktur sudah selesai karena ini sangat fundamental untuk menaikkan produktivitas,” ungkap Jokowi. (Fxh)