Jateng Editor : Ivan Aditya Rabu, 29 Agustus 2018 / 18:55 WIB

Satu Bacaleg Dilaporkan Mantan Napi

TEMANGGUNG, KRJOGJA.com - Seorang Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) di Kabupaten Temanggung dilaporkan warga pada Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten setempat sebagai mantan narapidana. KPU kini tengah meminta verifikasi dan klarivikasi pada yang bersangkutan melalui parpol pengusung.

"Jadi ada masukan dari masyarakat, isinya satu bacaleg seorang mantan narapidana," kata Komisioner KPU Temanggung Ari Murti Hendrowardani Rabu (29/08/2018).

KPU terangnya kini menerjunkan tim untuk verifikasi dan klarifikasi. Langkah itu, guna mengali kebenaran dari laporan masyarakat tersebut, pihaknya juga melakukan berbagai upaya diantara dengan menggali data dari beberapa lembaga yang menyatakan bahwa yang bersangkutan adalah mantan narapidana.

"Kami sudah menyampaikan pada parpol pengusung, besar harapan parpol dapat langsung menghadirkan bacaleg yang dimaksud pada KPU untuk klarifikasi," katanya.

Dikatakan sesuai dengan aturan yang berlaku,jika yang bersangkutan memang mantan narapidana. Maka yang bersangkutan wajib membuat pengumuman terhadap publik di media masa terkait dengan status  yang bersangkutan.

"Jika nantinya yang bersangkutan sudah memenuhi syarat untuk keikutsertaan sebagai bacaleg ada kemungkinan bacaleg itu memenuhi syarat," terangnya. (Osy)