Jateng Editor : Danar Widiyanto Minggu, 26 Agustus 2018 / 20:11 WIB

Berlangsung Meriah, Desa Bendungan Gelar Lomba Dayung Perahu

PURWOREJO, KRJOGJA.com - Masyarakat Desa Bendungan Kecamatan Grabag Kabupaten Purworejo menggelar lomba dayung perahu, di Sungai Ande-Ande, Minggu (26/8/2018). Sebanyak 45 peserta dari sejumlah desa di kawasan Bonorowo Kecamatan Grabag dan Kecamatan Mirit Kabupaten Kebumen, beradu cepat mendayung perahu yang berbentuk mirip lesung itu. 

Ketua panitia lomba Supandar mengatakan, lomba tersebut rutin digelar setiap tahun di sungai yang sama. Lomba digelar saat musim kemarau ketika debit air tidak besar dan sungai tidak berarus. "Kali ini memperebutkan hadiah total tujuh juta rupiah," katanya kepada KRJOGJA.com, disela lomba. 

Peserta dibagi dalam kelompok masing-masing dua orang. Setiap kelompok akan beradu mendayung perahu dengan jarak lintasan kurang lebih 300 meter. Perahu yang digunakan adalah jenis tradisional dengan dayung kayu yang biasa digunakan warga ketika banjir. 

Menurutnya, menggunakan perahu sudah menjadi tradisi turun-temurun warga wilayah Bonorowo. Kawasan dataran rendah itu merupakan langganan banjir setiap musim hujan dan ketika muara Sungai Jali atau Wawar tertutup pasir. "Untuk menjangkau pelosok desa atau panen padi saat banjir, kami harus pakai perahu," ungkapnya.(Jas)