Jateng Editor : Tomi sudjatmiko Minggu, 26 Agustus 2018 / 16:28 WIB

Idul Adha, Ditemukan 28 Sapi dan 2 Kambing Bercacing Hati

SUKOHARJO, KRJOGJA.com - Sebanyak 1.686 hewan ternak disembelih sebagai hewan kurban saat Idul Adha. Rinciannya 608 ekor sapi dan 1.078 ekor kambing terpantau di 112 masjid. Dari jumlah tersebut diketahui ada 28 ekor sapi dan 2 ekor kambing terjangkit penyakit cacing hati. 

Kabid Peternakan dan Kesehatan Dinas Pertanian dan Perikanan Sukoharjo Yuli Dwi Irianto Minggu (26/08/2018) mengatakan sudah selesai melaksanakan pemantauan secara keseluruhan pada pelaksanaan penyembelihan hewan kurban. Petugas memantau secara acak di 112 masjid disejumlah wilayah. 

BACA JUGA :

Waspadai Cacing Hati, DPP Terjunkan 169 Petugas

Jelang Kurban, Disnakkan Waspadai Cacing Hati

"Diketahui ada 28 ekor sapi dan 2 ekor kambing berpenyakit cacing hati saat disembelih. Temuan didapati baik langsung oleh petugas saat disembelih maupun laporan dari masyarakat," kata Yuli Dwi.

Dia menjelaskan saat menemukan kasus itu, petugas langsung meminta untuk tidak dikonsumsi dan dipisahkan dengan daging kurban yang akan dibagikan pada masyarakat. Selanjutnya, dibuang dengan cara dikubur. Temuan ini memnbuat petugas karena sudah melakukan pengawasan ketat dengan memantau langsung sapi dan kambing baik di pasar hewan maupun ke peternakan. 

"Petugas juga telah memberikan obat dan vitamin untuk hewan kurban dengan harapan sapi dan kambing sehat saat disembelih. Hati sapi dan kambing sampai ditemukan penyakit bercacing disebabkan karena cacing faciola. Penyebabnya karena telur cacing faciola keluar dari kotoran sapi dan kambing yang terserang penyakit cacing hati," ungkapnya.

Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Sukoharjo Netty Harjianti mengatakan, akan melakukan pendataan ulang untuk mendapatkan data valid tentang hewan ternak baik sapi dan kambing. Data disasar yakni sapi dan kambing yang sudah disembelih saat Idul Adha dan tersisa di pasar hewan dan peternak. (Mam)