DIY Editor : Tomi sudjatmiko Kamis, 23 Agustus 2018 / 12:43 WIB

Idul Adha, Harga Daging Sapi Stabil

YOGYA, KRJOGJA.com - Harga daging sapi di sejumlah pasar tradisional di DIY stabil di kisaran Rp 115.000 sampai dengan Rp 120.000/Kg dengan stok yang mencukupi menjelang Idul Adha 2018. Dari sisi permintaan masyarakat terhadap daging sapi masih stabil sehingga menunjukkan adanya lonjakan permintaan.

"Stok, harga dan permintaan daging sapi di sejumlah pasar tradisional di DIY relatif stabil jelang Idul Adha tahun ini. Mayoritas daging sapi yang dijual di DIY, dari Piyungan sebab Kota Yogyakarta sudah tidak diperkenankan mempunyai peternakan hewan besar seperti sapi dan kambing,” papar Asekda Perekonomian dan Pembangunan Setda DIY Budi Wibowo di Kompleks Kepatihan.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) DIY Tri Saktiyana mengatakan, kenaikan harga daging sapi hanya terjadi pada momentum tertentu seperti pada saat lebaran karena terjadi lonjakan permintaan. ”Harga daging sapi relatif stabil dengan kenaikan yang masih wajar dikisaran Rp 117.000 hingga Rp 120.000/kg di sejumlah pasar tradisional. Stabilnya harga daging sapi jelang Idul Adha ini karena stoknya cukup dan permintaan relatif stabil,” katanya.

Anggota Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) DIY Probo Sukesi menjelaskan inflasi daging sapi tidak terlalu mempengaruhi inflasi secara keseluruhan. Permintaan daging sapi yang memicu kenaikan harga hanya terjadi pada momentum tertentu seperti bulan Ramadan dan Lebaran. (Ira)