Jateng Editor : Tomi sudjatmiko Rabu, 22 Agustus 2018 / 20:08 WIB

DI SOLO DIMULA1 25 AGUSTUS 2018

DSC 2018 Solusi Cetak Wirausaha Indonesia

SOLO, KRJOGJA.com - Kompetisi wirausaha Diplomat Success Challenge (DSC) kembali digelar PT Wismilak Inti Makmur Tbk dengan menyediakan total modal
usaha sebesar Rp 2 miliar. Bahkan, peserta akan mendapat mentor dari para profesional juga bimbingan usaha (mentoring) untuk menjaga keberlangsungan usaha mereka.

Doni Arya selaku perwakilan PT Wismilak Inti Makmur Tbk. kepada wartawan KRJOGJA.com di Solo, Rabu (22/8/2018) mengatakan  DSC 2018 terbuka untuk seluruh WNI usia 20 –45 tahun. Pendaftaran kompetisi dilakukan melalui website DSC www.wismilak-diplomat.com mulai 1 Agustus lalu hingga 1 Oktober 2018 mendatang. 

"Perjalanan kompetisi wirausaha DSC bakal ditayangkan di stasiun TV Nasional. Merujuk data Global Entrepreneurship Index tahun 2017, peringkat kewirausahaan Indonesia masih berada di peringkat 90 dari 137 negara dunia. Pemerintah Indonesia saat ini juga tengah menargetkan untuk menumbuhkan 20.000 wirausaha baru hingga akhir tahun 2019, ungkap Donny Arya.

Dony Arya menjelaskan dunia kampus juga disasar DSC melalui seminar dalam program DSC on Campus. DSC on Campus akan dihelat di beberapa kota, yaitu Solo, Yogyakarta dan Semarang. Di Solo, DSC on Campus akan digelar di Universitas Batik Surakarta(25 Agustus), Universitas Sebelas Maret (21 Agustus), dan STIE Surakarta (6 September). 

Kota Yogyakarta akan memulai DSC on Campus di Universitas Widya Mataram Yogya (28 Agustus), UPN Veteran Yogyakarta (7 September) dan Universitas Sarjanawiyata Taman Siswa (8 September). Sedangkan kegiatan DSC on Campus di Semarang, akan dilakukan di Universitas Negeri Semarang (4 September), Politeknik Negeri Semarang (16 September), dan Universitas Muhammadiyah Semarang (20 September).

"Kompetisi DSC yang tahun ini memasuki tahun ke-9 penyelenggaraannya, merupakan langkah strategis untuk menjawab tantangan dunia wirausaha di Indonesia yang didasari dari inisiasi berkontribusi untuk Indonesia. Kami memiliki komitmen menjalankan kompetisi DSC sejak tahun 2010 hingga saat ini untuk mendukung Indonesia memperkuat sektor kewirausahaan.

"Kita juga memberikan peluang para wirausaha muda Indonesia melalui proposal bisnis bahkan ide bisnis mereka, dengan memberikan  kesempatan, menyiapkan total modal usaha sebesar Rp 2 miliar, coaching dari para profesional juga bimbingan usaha."

Dia menkelaskan tahun ini DSC menghadirkan aplikasi/ Apps berisi informasi kompetisi DSC sekaligus forum bisnis yang strategis untuk para wirausaha muda Indonesia. Mengusung tema #SUKSESMU sebagai landasan bagi para peserta atau Challenger DSC, bahwa kesuksesan yang diraih, seharusnya juga dapat memberi manfaat kepada orang banyak dan masyarakat.

Doni Arya  menambahkan setelah tahap pendaftaran, DSC akan memulai rangkaian kegiatan melalui audisi untuk mengakurasi wirausaha muda Indonesia yang memiliki bisnis maupun ide bisnis yang inovatif, kreatif, bernilai ekonomi tinggi dan mampu berdampak luas bagi masyarakat. Audisi peserta terpilih (Challenger) akan dilakukan di tiga kota, yaitu: Surabaya, Yogyakarta dan Jakarta. 

DSC 2018 akan menghadirkan para juri/Dewan Komisioner yang terdiri atas Surjanto Yasaputera (profesional di dunia marketing) sebagai Ketua Dewan Komisioner, Helmy Yahya (Direktur Utama TVRI), Antarina SF Amir (Direktur Pengelola HighScope Indonesia) dan Veronika Linardi (Pendiri & CEO Qerja.com) yang ketiganya bertindak sebagai anggota Dewan Komisioner.

Dewan Komisioner akan memberikan tantangan (market challenge) kepada peserta untuk menguji penguasaan aspek strategi dan operasional bisnis (Paham), solusi teknis dan inovasi (Piawai) juga kepribadian sebagai pengusaha tangguh (Persona) yang menjadi dasar penilaian peserta. (Hwa)