Jateng Editor : Danar Widiyanto Rabu, 22 Agustus 2018 / 16:20 WIB

Jangan Dimakan! Ditemukan Cacing, Hati Langsung Dimusnahkan

PURWOREJO, KRJOGJA.com - Panitia kurban Masjid Al Hikmah Dusun Pongangan Desa/Kecamatan Loano Kabupaten Purworejo memusnahkan hati mengandung cacing saat penyembelihan, Rabu (22/8/2018). Warga yang berkurban legowo
tidak membagikan hati yang rusak parah itu. 

Kadus Pongangan Ponijan mengatakan, hati dibuang daripada berdampak buruk bagi kesehatan warga penerima daging. "Daripada menyebabkan penyakit, kami sepakat membuang hati tersebut. Ada beberapa warga pemilik kolam ikan memintanya untuk pakan lele," tuturnya kepada KRJOGJA.com. 

Meski tidak didatangi petugas kesehatan hewan, warga tetap memeriksa hati sapi. Berbekal pengetahuan yang dipelajari dari internet dan petugas kesehatan hewan, hati dibelah pada beberapa bagian. 

Belasan cacing hati ditemukan dari dalam hati tersebut. Atas kesepakatan panitia, hati rusak itu dibuang. "Kalaupun tidak menulari manusia, hati sarang cacing tetap kotor," jelasnya. 

Terpisah, Kabid Peternakan Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan (DP2KP) Purworejo Siti Lestari mengatakan, belum ada laporan penularan cacing hati kepada manusia. Namun hati sapi yang terinfeksi tetap rusak dan tidak layak konsumsi. "Kalau dimasak kurang matang, kotoran cacing bisa saja menyebabkan warga mengalami sakit perut atau diare," tegasnya.(Jas)