DIY Editor : Danar Widiyanto Senin, 20 Agustus 2018 / 19:31 WIB

Atasi Krisis Air di Plalar, Ini yang dilakukan Hiswana Migas

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com - Hiswana Migas DIY membangun sumur bor di Dusun Plalar, Umbulrejo, Ponjong. Kegiatan pembangunan dilaksanakan Aksi Cepat Tanggap (ACT) DIY dan mampu mengatasi krisis air bersih warga. Secara symbolis bantuan diserahkan Ketua DPD Hiswana Migas DIY Drs Siswanto MM kepada Dukuh Plalar Febri. 

“Melalui pembangunan sumur bor ini, krisis air bersih di Dusun Plalar bisa teratasi. Berbeda jika bantuannya hanya berupa air tangki yang habis dalam waktu satu minggu,” kata H Siswanto, Senin (20/08/2018).

Diungkapkan, masyarakat diharapkan dapat mempergunakan sumur bor dengan sebaik-baiknya. Termasuk melakukan perawatan dan pemeliharaan dengan semangat gotong royong. Bahkan dari pihak ACT Yogyakarta nanti juga memberikan pendampingan untuk ke depannya. Sehingga bila ada permasalahan mesin atau sebagainya bisa segera diatasi. 

“Kekeringan ini menjadi perhatian semua pihak, Hiswana Migas pada saat ini membangun sumur bor sebagai bentuk kepedulian untuk mengatasi kesulitas air,” imbuhnya.

Dukuh Plalar Febri menuturkan, jika sebelumnya warga harus berjalan kaki cukup jauh untuk memperoleh air, dengan dibangunnya sumur bor mampu mengatasi kekeringan. Masyarakat sangat berterimakasih atas kepedulian Hiswana Migas dan ACT selaku pelaksana, sehingga pembangunan sumur bor kini sudah bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. 

“Ratusan jiwa di Plalar kini bebas dari kesulitan air bersih,” jelasnya.(Ded)