DIY Editor : Danar Widiyanto Senin, 20 Agustus 2018 / 19:10 WIB

Waspadai Cacing Hati, DPP Terjunkan 169 Petugas

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com - Kepala Dinas Pertanian dan Pangan (DPP) Gunungkidul Ir Bambang Wisnubroto mengingatkan, masyarakat mewaspadai penyakit cacing hati pada hewan kurban. Jika nantinya pada penyembelihan ditemukan ada cacing hati, sebaiknya segera dibuang dan tidak dikonsumsi. Selain itu, hewan ternak yang banyak makan dari Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS) perlu diwaspadai. Mengingat hewan ternak tersebut mengkonsumsi sampah. 

“Jika ditemukan cacing hari langsung segera saja dibuang. Masyarakat juga perlu mewaspadai hewan ternak yang mengkonsumsi makan dari TPAS, karena tidak sehat,” kata Bambang Wisnubroto, Senin (20/08/2018).

Diungkapkan, untuk melakukan pengawasan dilapangan, DPP juga akan menerjunkan 169 petugas pada pelaksanaan Hari Kurban atau Idul Adha. Sehingga pemotongan hewan kurban di Gunungkidul ini dapat terpantau. Sebelumya juga sudah dilakukan pemantauan di lapangan. Termasuk memberikan pelatihan kepada para takmir masjid tentang penyembelihan hewan. 

“Untuk ketersediaan hewan kurban masih mencukupi. Data dinas tercatat kebutuhan sapi sebanyak 3.250 ekor, sedangkan persediaan mencapai 6.295 ekor. Untuk kambing stok masih mencukupi sebanyak 23.290 ekor,” imbuhnya.

Sementara itu, Senin (20/8/2018), Pemkab Gunungkidul menyalurkan 15 ekor kambing hewan kurban kepada takmir-takmir masjid. Simbolis hewan kurban diserahkan Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Ir Azman Latif kepada perwakilan takmir. Dalam sambutannya Azman Latif menuturkan, penyaluran hewan kurban ini diharapkan memberikan semangat berkurban kepada masyarakat dan bermanfaat.(Ded)