DIY Editor : Agus Sigit Jumat, 17 Agustus 2018 / 15:03 WIB

PERINGATAN HUT RI DI PANTAI BARON

Tim SAR Kibarkan Bendera di Tengah Laut

WONOSARI, KRJogja.com - Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT)  ke 73 Republik Indonesia, ratusan anggota SAR pantai selatan Gunungkidul bersama pecinta alam, relawan dan warga pesisir melaksanakan Upacara bendera di tengah laut kawasan Pantai Baron, Tanjungsari, Jumat (17/08/2018). Para peserta ini seluruhnya berenang dari bibir pantai menunju kawasan laut dengan jarak kurang lebih 500 meter.

“ Upacara ditengah laut ini memperingati HUT RI dan  sebagai bentuk penghormtan terhadap jasa para pahlawan,” kata Koordinator SAR Korwil II Pantai Baron Marjono.

Diungkapkan, kegiatan ini sekaligus untuk memberikan informasi bahwa kondisi gelombang sudah bersahabat. Sehingga tentu juga akan menjadi daya tarik bagi para wisatawan untuk berkunjung ke kawasan pantai selatan. Karena sebelumnya memang sempat terjadi gelombang tinggi. Namun untuk saat ini aman dikunjungi, dengan salah satunya dibuktikan dengan digelarnya upacara bendera di tengah laut.

“Sekaligus untuk mempromosikan kembali kawasan pantai selatan aman dikunjungi,” imbuhnya. Sementara itu, Upacara HUT RI di alun-alun dipimpin oleh Bupati Gunungkidul Hj Badingah SSos serta dihadiri jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Kepala dinas terkait dan undangan.

Sedangkan di kecamatan-kecamatan, upacara bendera dilaksanakan dimasing-masing lapangan, dengan inspektur upacara oleh camat. Sementara itu, di Kecamatan Semanu, upacara HUT RI digelar di Lapangan Triwanasakti Semanu, dengan petugas Paskibraka dari SMK Maarif Semanu.Sebelumya pada, Kamis (16/08/2018) malam, Pemkab menggelar malam tirakatan di Bangsal Sewakapraja, serta Apel Kehormatan dan Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan (TMP) Bhakti Pertiwi Wonosari. Sebagian besar masyarakat Gunungkidul juga mengadakan tirakatan untuk memperingati HUT RI. Dukuh Ngawis 1, Desa Ngawis Karangmojo Ihsan Sunaryo menuturkan, warga juga menggelar nonton bareng film perjuangan para pahlawan. (Ded/Ewi/Bmp)