Gaya Hidup Editor : Danar Widiyanto Kamis, 16 Agustus 2018 / 08:10 WIB

Kecurangan Seleksi CPNS Terjadi, Warganet Dapat Laporkan ke Aplikasi Ini

Netizen atau warganet kadang berspekulasi bahwa sistem seleksi berskala nasional seperti perekrutan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) sering dibumbui kecurangan oleh sejumlah oknum.

Namun begitu, saat penerimaan CPNS 2018 nanti, masyarakat dapat ikut serta melaporkan kecurangan yang terjadi. Bagaimana caranya?

Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN), Mohammad Ridwan dalam keterangannya menyatakan warganet bisa coba menginformasikan tindakan mencurigakan saat CPNS 2018 kepada Ombudsman RI ataupun BKN.

"Yang paling bagus kalau punya bukti disampaikan ke Ombudsman lewat mekanisme mereka. Atau kalau ada pegawai BKN yang mengawasi tes, kemudian dianggap ada sesuatu yang curang atau enggak fair, bisa dilaporkan kepada kami lewat Lapor!," ujar dia, Rabu (15/8/2018).

Melalui aplikasi Lapor! atau situs lapor.go.id yang dikelola oleh Staf Kepresidenan RI, ia menambahkan, informasi mengenai kecurangan tersebut bakal didisposisikan kepada lembaga yang tepat.

"Langsung saja kalau punya akun di lapor.go.id, admin lapor yang nanti akan menyampaikan kepada kementerian/lembaga dan (pemerintah) daerah terkait. Identitas pelapor kemudian akan dirahasiakan," ujar dia.

Dia juga mengatakan, aplikasi Lapor! kini telah terintegrasi dengan media sosial, sehingga netizen pun dapat melaporkan bentuk kecurangan penerimaan CPNS 2018 lewat SMS, e-mail, maupun via akun Twitter @Lapor1708. (*)