DIY Editor : Tomi sudjatmiko Senin, 06 Agustus 2018 / 02:12 WIB

Warga Jogokariyan Deklarasikan 'Germacis'


YOGYA, KRJOGJA.com - Warga Kampung Jogokariyan Yogyakarta mendeklarasikan Gerakan Masyarakat Cinta Sehat (Germacis), Minggu (5/8/2018). Germacis merupakan program kemitraan Prodi Kesehatan Masyarakat, Universitas Respati Yogyakarta (Prodi Kesmas Unriyo) sebagai strategi mengendalikan Penyakit Tidak Menular (PTM) seperti hipertensi, diabetes melitus (penyakit gula) yang dipicu pola hidup tidak sehat.

Ketua Pelaksana Program Kemitraan Masyarakat Unriyo sekaligus Dosen Prodi Kesmas, Heni Trisnowati SKM MPH mengatakan, Germacis merupakan salah satu wujud Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat di bidang kesehatan. Selain untuk mengendalikan masalah PTM, Germacis juga untuk meminimalisir kebiasaan merokok warga. 

"Promosi kesehatan Germacis dilakukan bersama warga. Unriyo sebagai inisiatornya terus memberikan pendampingan," terang Heni kepada wartawan usai acara Deklarasi Germacis.

Dijelaskan Heni, pelaksanaan program Germacis dimulai Maret-Agustus 2018. Tahapannya terdiri, pengembangan inovasi, deseminasi program, adopsi program, implementasi program dan keberlangsungan serta pemeliharaan program. "Implementasi program germacis mengikuti dinamika kegiatan masyarakat yang sudah ada seperti pertemuan bulanan (arisan) RT, posyandu lansia dan kelompok senam," katanya. Program ini menyasar warga RT 36 dan 38, RW 10 Jogokariyan dan akan dikembangkan.

Ada 4 poin ajakan dalam Germacis yaitu rutin aktivitas fisik atau olahraga, rutin makan buah dan sayur, rutin cek kesehatan serta tidak merokok. Dalam sosialisasi Germacis, Heni Trisnowati dibantu V Utari Marlinawati MPH dan Naomi Nisari RSS Kg MKes sebagai tim kerja. Kegiatan juga melibatkan mahasiswa peminatan promosi kesehatan Prodi Kesmas dan mahasiswa keperawatan Unriyo. (Dev)