Gaya Hidup Editor : Danar Widiyanto Jumat, 03 Agustus 2018 / 23:10 WIB

Siap Meluncur, Satelit Merah Putih Penuh Kejutan

MENTERI BUMN Rini Soemarno dan Direktur Utama PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) Alex Sinaga meninjau langsung Satelit Merah Putih di SpaceX, Cape Canaveral Air Force Station, Florida, Amerika Serikat (AS). Peninjauan tersebut untuk memastikan Satelit Merah Putih siap diluncurkan.

Usai melakukan peninjauan, Rini mengharapkan proses peluncuran Satelit Merah Putih milik Telkom itu dapat berjalan lancar hingga menempati slot orbitnya 108 derajat Bujur Timur (108 BT).

"SpaceX akan segera meluncurkan satelit Merah Putih. Harapan saya dan tentunya kita semua adalah agar roket Falcon 9 dapat sukses membawa satelit tersebut ke slot orbit," tuturnya dalam keterangan tertulis, Jumat (3/8/2018).

"Dengan begitu, Satelit Merah Putih bisa menjalankan tugas menopang kemajuan industri nasional, mendukung konektivitas bangsa Indonesia, serta mempermudah dan memperluas akses komunikasi bagi seluruh rakyat indonesia," ucap dia.

Satelit Merah Putih membawa 60 transponder aktif yang terdiri dari 24 transponder C-Band dan 12 transponder Extended C-Band yang akan melayani wilayah Asia Tenggara, termasuk Indonesia, serta 24 transponder C-Band yang akan menjangkau kawasan Asia Selatan.

Satelit ini mengandalkan platform SSL 1300 dengan usia desain 16 tahun.

Pembangunan Satelit Merah Putih melibatkan dua perusahaan Amerika Serikat, yakni SSL sebagai pabrikan pembuat satelit serta SpaceX sebagai perusahaan penyedia jasa peluncuran satelit.(*)