Jateng Editor : Ivan Aditya Kamis, 02 Agustus 2018 / 13:15 WIB

Tekad Penyandang Disabilitas Taklukkan Puncak Elbrus

SOLO, KRJOGJA.com - Penyandang disabilitas asal Solo, Sabar Gorky (49) kembali akan menaklukkan puncak Elbrus, gunung tertinggi di daratan Eropa bersama sembilan personal Tim Ekspedisi Garuda Muda. Puncak gunung di Rusia Selatan yang memiliki ketinggian 5.642 meter di atas permukaan laut (mdpl) tersebut dapat ditaklukkan tepat pada 17 Agustus 2018, sekaligus menandai peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Sabar Gorky mengungkapkan, tujuh tahun silam ia juga berhasil menaklukkan puncak Elbrus melalui sisi utara yang dikenal sebagai jalur neraka. Sedangkan kali ini, bersama Tim Ekspedisi Garuda Muda akan melalui jalur selatan dengan prediksi perjalanan dari pos pemberangkatan hingga puncak akan memakan waktu selama tiga hari.

Baca juga :

Kena Hypotermia , Pendaki Gunung Slamet Meninggal

Berhasil Evakuasi Pendaki Gunung Rinjani, Ini yang Dilakukan Tim Gabungan

“Ketika berada di puncak Elbrus kami akan mengibarkan bendera merah putih sambil menggelar upacara peringatan HUT ke-73 Kemerdekaan Republik Indonesia,” ungkap Sabar Gorky Menjawab usai berpamitan dengan Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo di balaikota setempat, Kamis (02/08/2018).

Tim Ekspedisi Garuda Muda yang dijadwalkan bertolak dari Indonesia pada Minggu (12/08/2018) depan menjadi unik karena melibatkan personal dengan usia sangat berragam. Dari sembilan pendaki, empat diantaranya berusia belasan tahun dan masih berstatus sebagai pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) di Jakarta, serta satu orang dokter asal Madiun yang kini berusia 60 tahun.

Sabar Gorky yang selama ini telah menaklukkan empat puncak gunung tertinggi di dunia, diantaranya Elbrus, Kilimanjaro di Afrika, Aconcagua (Argentina) dan Puncak Carstensz (Papua) tersebut mengungkapkan, persiapan seluruh tim pendakian hingga kini telah cukup matang baik secara fisik maupun mental. Secara pribadi ia juga telah mempersiapkan fisik dengan melakukan latihan di segala medan, diantaranya kawasan perbukitan pasir Parangtritis, Gunung Lawu, serta Karanglo.

Bahkan dia menyebut, pendakian Elbrus kali kedua ini dijadikannya sebagai ajang pemanasan. Setelah itu Sabar Gorky akan mendaki Gunung Vinson Massif di Antartika Kutub Utara pada Desember mendatang.

Saat melakukan pamitan kepada Walikota Solo, Sabar Gorky juga melakukan aksi jalan kaki dari Ngarsopura ke Balaikota sembari menyeret dua ban mobil. Selama perjalanan menyeret dua ban mobil sejauh sekitar 3 kilometer, Sabar Gorky yang mengalami patah kaki sebelah kanan sebatas paha akibat kecelakaan tersebut tampak tak banyak mengalami kesulitan.

Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo saat menerima pamitan sangat mengapresiasi semangat Sabar Gorky yang meski mengalami cacat tubuh pada kaki namun memiliki semangat untuk menaklukkan puncak gunung. Obsesi mengbarkan bendera merah putih di puncak Elbrus bertepatan dengan Hari Kemedekaan RI, menurutnya bisa dijadikan spirit tersendiri sekalaigus mengharumkan nama Indonesia. (Hut)