Jateng Editor : Danar Widiyanto Rabu, 01 Agustus 2018 / 15:30 WIB

Pileg 2019, Caleg Petahana Diprediksi Masih Kuat

SRAGEN, KRJOGJA.com - Calon anggota legislatif (Caleg) petahana diprediksi masih kuat dalam memperebutkan kursi di DPRD Sragen pada pemilhan umum 2019 mendatang. Caleg petahana dinilai masih punya banyak amunisi untuk mempertahankan posisinya.

Hal ini dikemukakan Koordinator Gerakan Masyarakat Peduli Sragen (GMPS), Azia Kristanto kepada wartawan, Rabu (1/8/2018). "Petahana nanti hampir semuanya maju lagi. Intinya kualitas kemampuan sebagai wakil rakyat dan komunikasi dengan grassroot petahana lebih unggul dibanding caleg baru," ujarnya.

Aziz menyampaikan, tidak banyak perubahan pola pertarungan memperebutkan kursi legislatif dibanding pemilu 2014 lalu. Dia menilai caleg petahana lebih berpotensi untuk memenangkan pertarungan. "Apalagi petahana memiliki dana aspirasi yang jumlahnya sampai miliaran rupiah. Jelas ini modal kuat untuk melanggengkan kursinya," tagas Azia.

Dijelaskan, petahana juga unggul beberapa langkah seperti jangka kampanyenya lebih lama. Keunggulan petahana itu jelas menjadi tantangan caleg baru yang harus all out jika ingin menumbangkan petahana. "Warga Sragen cenderung transaksional dalam memilih. Meskipun tidak semuanya dicap demikian," tandasnya.

Sementara, ada beberapa simpatisan partai menganggap urusan transaksional itu nomor dua. Terutama partai yang berbasis agama. "Kalau masyarakat Sragen melihatnya transaksional, jelas lebih dari separuh petahana akan jadi lagi. Masih cukup kuat," terangnya.

Namun demikian, lanjutnya, caleg baru tetap punya peluang unggul kalau memiliki pendanaan dan punya karakter ketokohan cukup kuat. Dilihat dari caleg yang mendaftar pada Pileg 2019, ada sejumlah nama yang berpotensi untuk menumbangkan petahana.(Sam)