Ekonomi Editor : Tomi sudjatmiko Rabu, 01 Agustus 2018 / 06:51 WIB

Ultra Jaya Terapkan Teknologi UHT untuk Semua Produk

BANDUNG, KRJOGJA.com - Perusahaan Susu Ultra Jaya Milk ,merupakan pioner dan terbesar memanfaatkan teknologi UHT untuk produk susu, minuman teh dan lainnya di Indonesia.

Demikian Sabana Prawirawidjaja, Presiden Director PT Ultrajaya Milk Industry Tbk dalam kunjungan media ke pabrik susu Ultra di Bandung, Selasa (31/07/2018). Sabana juga menceritakan bahwa Teknologi Ultra High Temperature (UHT) merupakan teknologi pengolahan susu atau minuman lainnya yang mampu menjaga produk minuman tetap segar dan steril. 

"Teknologi ini memanfaatkan pemanasan dengan suhu 140 derajat celcius yang dilakukan dalam waktu hanya 4 detik. Hasilnya, semua bakteri berbahaya mati, sehingga susu maupun minuman lainnya yang melalui proses ini sangat steril,” kata Sabana.

Selain menggunakan proses pemanasan suhu tinggi, susu atau minuman lainnya juga langsung dikemas menggunakan kemasan antiseptik (steril) 6 lapis yang kedap udara dan cahaya serta melindungi dari masuknya bakteri udara luar.
PT Ultrajaya Milk Industry Tbk, diakui Sabana telah mengadopsi teknologi ini sejak tahun 1975. Perusahaannya sekaligus merupakan pioner dan terbesar memanfaatkan teknologi UHT untuk produk susu, minuman teh dan lainnya di Indonesia.

“Selama 40 tahun lebih kami tetap fokus menerapkan teknologi UHT untuk menghasilkan produkberkualitas tinggi bagi masyarakat Indonesia yang membutuhkan susu segar tanpa bahan pengawet apapun dalam kemasan praktis, untukdikonsumsi kapan saja,” lanjut Sabana.

Selama proses pengolahannya, PT Ultrajaya hanya menggunakan bahan baku berkualitas tinggi dan telah melewati uji mutu yang ketat. Bahan baku susu segar untuk Ultra Milk sebagian besar diperoleh dari peternakanPT Ultrajaya sendiri ditambah dengan pasokan susu segar dari beberapa koperasi susu di Indonesia.

General Manager Public Relations PT Ultrajaya Muh Muhthasawwar mengatakan teknologi yang menggabungkan proses sterilisasi UHT dan kemasan inilah,  yang menyebabkan susu Ultra bisa segar lebih lama meskipun selama pengolahannya tidak menggunakan bahan pengawet apapun.

Untuk memastikan kualitas produknya, PT Ultrajaya melakukan uji mutu mulai dari bahan baku, selama proses pengolahan, proses pengemasan hingga produk jadi.

“Ultra Milk yang dihasilkan hari ini tidak boleh langsung dipasarkan karena kami harus menunggu hasil uji mutu lengkap terhadap kemasan dan produknya yang membutuhkan waktu sekitar 6 hari untuk memastikan semua aspek kualitas memenuhi standar PT Ultrajaya,” jelas Azwar, panggilan Muh, Muhthasawwar. (Ati)