Jateng Editor : Danar Widiyanto Rabu, 01 Agustus 2018 / 06:51 WIB

Romansa Kuliner Purworejo Bakal Sempurna Akhir 2018

PURWOREJO, KRJOGJA.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purworejo menargetkan kawasan Romansa Kuliner Purworejo bakal sempurna pada akhir tahun 2018. Untuk itu, pemerintah menggelontorkan dana Rp 1,7 miliar untuk menyelesaikan pembangunan tahap kedua kawasan tersebut. 

Pembangunan tahap kedua meliputi taman, lahan parkir dan ruko di bagian tengah dan sisi timur sentra kuliner. Sejumlah gazebo dan taman, serta patung Pangeran Diponegoro. "Nantinya area makan jadi tambah luas, tidak hanya di lokasi yang ada sekarang. Meski demikian, lahan parkir juga dibangun di tengah taman kapasitasnya tidak sebesar sekarang," ujar Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan (KUKMP) Purworejo, Drs Gandi Budi Supriyanto, kepada KRJOGJA.com, Selasa (31/7/2018). 

Enam ruko berukuran 6 x 6 meter dan empat ruko 6 x 3 meter dibangun di sisi timur bangunan Romansa Kuliner Purworejo menghadap Jalan Urip Sumoharjo. Pembangunan ditarget selesai dalam 120 hari kalender. 

Gandi mengakui, pembangunan tahap kedua tersebut akan mengurangi kapasitas parkir Romansa Kuliner Purworejo. Lahan parkir baru nantinya diperkirakan cukup untuk 22 mobil. "Untuk parkir rencananya memanfaatkan satu sisi Jalan Urip Sumoharjo dan halaman rumah dinas milik Kodim," katanya. 

Setelah pembangunan selesai, pemerintah akan melangkah pada proses hibah aset kepada pihak Kodim 0708 Purworejo. "Namun kami tetap menjaga hak penyewa kios kuliner dengan memasukkan klausul sewa-menyewa jangan sampai memberatkan pedagang. Pemerintah tetap melakukan pembinaan dan akan menarik pajak rumah makan kepada konsumen," tegasnya.(Jas)