Hiburan Editor : Agus Sigit Selasa, 31 Juli 2018 / 17:59 WIB

OPERA SOUL: Jawaban Archiblues untuk Pendengar Musik Indonesia

Kerap wara-wiri di panggung musik Tanah Air sejak 2012, pasukan Funkyblues Yogyakarta, Archiblues akhirnya menelurkan mini album Minggu (29/7) besok. Bertajuk "Opera Soul" mini album Zivan (Drum), Faiz (Bass,vokal), dan Aonk (gitar) ini berisikan empat lagu yang direkam secara live. "Opera Soul" adalah hasil representasi pertunjukan yang datang dari dalam jiwa mereka sekaligus jawaban banyaknya pertanyaan pecinta musik tentang album mereka. Untuk urusan Grafis, Ibnu Amatir dipercaya mengurusi departemen artwork. 

"Mini Album ini merupakan karya pertama kami setelah enam tahun kami bersama. Ini juga jawaban kami sama banyaknya pertanyaan pendengar band Indie Jogja yang selalu tanya ‘kapan sih bikin album'," beber Faiz. 

Peluncuran album bersamaan dengan rilisnya single utama "Twisted Love". Lagu ini berkisah dilema yang dihadapi seorang Pria ketika dihadapkan berbagai macam persoalan yang tak kunjung mendapati titik cerah. Dalam konteks ini Sang Tokoh dalam lagu dibuat bingung mengambil keputusan. Namun mau tak mau harus memilih di antara sekian banyak pilihan untuk melanjutkan langkah berikutnya. Ini seperti halnya ketika kita sebagai manusia yang selalu dihadapakan pada sebuah pilihan: Yes or No, Stay or Leave. 

Sebenarnya lagu ini sudah direkam tahun 2013, tapi waktu itu masih berformat Live Record di tudio OPRC (kini Jogja Audio School) dibantu ‘Pak Eko/Pak Ting (Shaggydog) sebagai Operator Enginer, Boby Marsatya (Mixing), dan Surya Ismeth (Ex Kibor Captain Jack) sebagai Music Director. "Rekaman single itu sempat menemui banyak kendala. Sebelumnya, proses Postpro juga sempat terhenti karena berbagai kesibukkan para personil dan banyak hal lainnya," sambung Aonk. 

Archiblues adalah band yang kerap memainkan genre Funk, Rock, dan Blues. Mereka berdiri tahun 2012 di Yogyakarta. Mereka sengaja menamai "Archiblues" karena waktu itu masih kuliah di Jurusan Arsitektur, Universitas Islam Indonesia (UII) dan memainkan genre blues. Archiblues juga sudah pernah wara wiri manggung di berbagai festival event. Misal finalis Supermusic Rockinbattle 2016,Juara 1 Gradasi (Gelar Olahraga dan Seni) UII 2012, Partisipan di Festival Kesenian Yogyakarta 2017,Juara Festival Kebudayaan dan Pariwisata DIY 2013,Pekan Wisata Nasional 2014, dan Opening Raisa,Mocca,White Shoes and The Couple Company,Efek Rumah Kaca, Banda Neira dll. (*)