DIY Editor : Ivan Aditya Senin, 30 Juli 2018 / 16:11 WIB

Babinsa Koramil Ngampilan Bangun Jamaban untuk Warga

YOGYA, KRJOGJA.com - Program jambanisasi adalah salah satu bentuk kegiatan karya bakti yang dilaksanakan Koramil di wilayah Kodim 0734Yogyakarta. Program ini bertujuan untuk membantu masyarakat yang kurang mampu, mengingat jamban merupakan sarana penting dalam rumah tangga untuk mendukung lingkungan yang sehat dan bersih.

Dalam mewujudkan program tersebut, Babinsa Koramil 13 Ngampilan bersana masyarakat melaksanakan karya bhakti pembuatan jamban di tiga rumah warga. Ketiga rumah yang menjadi sasaran pembuatan jamban yakni milik Ny Rahayu di RT.21/RW.04 Tejokusuman, Ny Zeeni di RT.19/RW.04 Tejokusunan dan Kamiyo RT.12/RW.03 Serangan pada Senin (30/07/2018).

Komandan Rayon Militer (Danramil) 13 Ngampilan Kapten (Arm) Riyanto menyampaikan, buang hajat di sungai ataupun di tempat sembarang tempat untuk saat ini sudah tidak jamannya lagi. Disamping dilihat tidak baik, buang hajat di sungai ataupun di tempat sembarang berdampak penyakit yang bisa menyebar.

“Sebelum pembuatan jamban, para Babinsa melakukan pengecekan dan pendataan di lapangan sehingga akan tepat sasaran. Hal ini disamping sebagai aplikasi kegiatan program komando atas, jambanisasi ini sekaligus upaya agar masyarakat bisa hidup sehat,” jelasnya.

Sementara Komandan Kodim 0734 Yogyakarta Letkol (Inf) Bram Pramudya SH saat di konfirmasi menegaskan, program bantuan jambanisasi ini sudah berlangsung lama yang merupakan penyediaan sarana sanitasi jamban sehat berbasis masyarakat. Selain itu, meningkatkan kesadaran masyarakat untuk stop buang air besar (BAB) sembarangan.

“Program stop BAB sembarangan dilakukan melalui kegiatan penyuluhan yang bersifat edutainment untuk memberikan ilmu pengetahuan kepada masyarakat akan pentingnya kesehatan lingkungan dan pembuatan jamban,” tegas Dandim.

Dandim menambahkan, kegiatan tersebut merupakan bentuk wujud kepedulian Apkowil dalam melaksanakan tugas di lapangan untuk membantu masyarakat. Meliputi bidang fisik dan non fisik guna memantapkan kemanunggalan TNI rakyat. (Van)