Jateng Editor : Tomi sudjatmiko Jumat, 27 Juli 2018 / 06:06 WIB

Polres Banyumas Dinilai Tim KemenpanPAN-RB

PURWOKERTO,KRJOGJA.com - Polres Banyumas, Kamis (26/7/2018) dinilai oleh Tim Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi dan Birokerasi (Kemenpan dan RB) yang dipimpin oleh Kabid Pelayanan Evaluasi Wilayah 3, Fahrul Rizal.

Penilaian yang dilakukan Tim Kemenpan dan RB, dalam rangka peningkatakan pelayanan publik zona integreitas  Polres Banyumas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK), dan Wilayah Birokerasi Bersih Melayani (WBBM).

Ketua Tim Penilaian Kemenpan dan RB, Fahrul Rizal, saat ditemui disela sela penilain menjelaskan, kegiatan penilain ini merupakan  perintah Undang Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang pelayanan publik. "Setidaknya ada  6 aspek, yang dinilai  seperti kebijakan pelayanan, tolak ukur, persyaratan, biaya,  dan waktu apa sudah sesaui yang dinformasikan kepada publik," ungkapnya.

Jadi penilaiannya  pihak Polres  sudah sesuai standar apa belum pelayanan, dan  mekanisme. Dia mencontohakan jika pelayanan membutuhkan  waktu yang ditentukan, apakah waktunya sudah sesuai belum, dan biaya sudah sesuai yang diterapkan.

Penilain itu sendiri dilakukan untuk melakukan evaluasi, memberikan peringkat pelayanan,dan pemberian penhargaan terhadap lembaga pemerintah yang memberikan pelayanan publik.

Kapolres Banyumas AKBP Bambang Yudhantara Salamun, menambahkan penilaian yang dilakukan olah Tim Kemenpan dan RB, merupakan program pemerintah untuk, menilai kinerja lembaga pemarintah.

"Jadi  institusi Polri akan membangun meningkatkan kepercayaan masyarakat dalam pelayanan pubulik. Baik  itu pembanahan fisik non fisik, dan tidak ada pungutan liar," tegas AKBP Bambang YS. (Dri)