Pendidikan Editor : Tomi sudjatmiko Jumat, 27 Juli 2018 / 08:08 WIB

PLN 'Lepas' 30 Mahasiswa UGM ke Papua

SEMARANG KRJOGJA.com- Sebanyak 30 mahasiswa Universitas Gadjah Mada yang terdaftar sebagai peserta program Ekspedisi Papua Terang mengikuti pengarahan dan pemberangkatan yang diselenggarakan di Ruang Multimedia I, Gedung Pusat UGM, Rabu (25/7/2018). 

Peserta merupakan mahasiswa yang tergabung dalam Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) UGM dan berasal dari beberapa fakultas, mulai dari Teknik, MIPA, Ilmu Budaya, sampai dengan Filsafat.  Turut hadir memberi arahan, Wakil Rektor Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Kemahasiswaan UGM, Prof. Dr. Ir. Djagal Wiseso Marseno, M.Agr dan Direktur Kemahasiswaan UGM, Dr. R. Suharyadi, M.Sc..

Djagal mengarahkan, mahasiswa sebagai peserta Ekspedisi harus segera dapat beradaptasi karena beberapa kondisi (lingkungan dan budaya) yang berbeda. Selain itu ia juga menekankan program ini berbeda dengan kegiatan pecinta alam pada umumnya. 

“Ini bukan ekspedisi seperti halnya yang saudara lakukan sebagai pecinta alam, apakah itu susur sungai, naik gunung, atau masuk gua. Tidak. Melainkan sebuah kegiatan yang ada targetnya, bagaimana kita bisa menghasilkan sesuatu dari kegiatan ini bagi masyarakat Papua”. terang Djagal, sebagaimana dirilis PLN Distribusi Jatng dan DIY, Kamis (26/7/2018).

Djagal juga menambahkan bahwa untuk mempertahankan Papua, kita harus membangun secara cepat sehingga masyarakat Papua tidak merasa dianaktirikan. “Sekarang Pemerintah sedang membangun infrastuktur yang baik di sana mulai dari jalan, pelabuhan dan bandara, kemudian dari sisi kelistrikan oleh PLN melalui program Papua Terang, Ini merupakan suatu langkah yang sangat positif”, jelasnya. (Cha)