DIY Editor : Danar Widiyanto Minggu, 22 Juli 2018 / 11:30 WIB

RIBUAN PESERTA IKUT TOUR DE MERAPI 2018

Peserta Dihibur Kesenian Tradisional

SLEMAN, KRJOGJA.com - Ribuan peserta ambil bagian dalam Tour de Merapi (TDM), Minggu (22/7). Start dari Lapangan Pemda Sleman, peserta langsung menuju titik berhenti pertama di Pasar Digital Candi Banyunibo.

Disana peserta dihibur kesenian tradisional dan beberapa makanan khas daerah setempat. Untuk belanja di Pasar Digital Candi Banyunibo, mereka diharuskan membayar menggunakan uang dari bambu. Harga makanan yang dijajakan beragam. Antara Rp 1.000 hingga Rp 5.000.

Sekitar pukul 09.30 WIB, peserta melanjutkan perjalanan menuju pos berhenti selanjutnya di Desa Wisata Pentingsari Cangkringan. Total ada enam pos pemberhentian. Setelah Pasar Digital Banyunibo, Desa Wisata Pentingsari, Pasar Srowolan, Pasar Ngino, Pasar Belut Godean dan terakhir di Studio Alam Gamplong.

"Jarak yang ditempuh peserta ada sekitar 100 kilometer. Untuk lokasi sengaja dipilih pasar tradisional. Karena sesuai dengan tema TDM kali ini, yakni Jajah desa milang pasar," ujar Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Sleman Sudarningsih, Minggu (22/7/2018).

Total ada 585 sepeda motor yang terdaftar dalam kegiatan ini. Sesuai aturan yang ada, peserta diatas nomor pendaftaran 500 mendapatkan fasilitas yang sedikit berbeda. Tidak mendapatkan jaket. Hanya dua kaos saja.

Muhadi (69) salah satu peserta TDM mengaku hampir setiap tahun selalu mengikuti TDM. Setidaknya sudah 6-7 tahun terkahir. "Bisa refreshing. Selalu ikut bersama istri. Bisa mengenal beberapa desa wisata dan beberapa makanan khas," ujarnya.(Awh)