DIY Editor : Tomi sudjatmiko Sabtu, 21 Juli 2018 / 02:22 WIB

FKY Tahun 2018 Libatkan Ponpes dan Gereja di Yogyakarta

BANTUL, KRJOGJA.com - Festival Kesenian Yogyakarta (FKY) kembali akan digelar mulai Senin 23 Juli 2018 di Komplek Pyramid Bantul. Festival yang pada awalnya lahir dari komunitas masyarakat dan pemerintah daerah yang memberikan fasilitas ini sudah mencapai usia ke 30 tahun.

Agenda kegiatan FKY ini bermacam-macam bentuknya. Satu diantaranya yang menarik adalah Lokakarya FKY yang diselenggarakan pada  26, 29, 31 Juli serta  3, 5 Agustus 2018 di berbagai titik, yakni Pakem, Piyungan, Bantaran Kali Code, dan Ngaglik.

Lokakarya FKY 30 merupakan perluasan festival supaya masyarakat di berbagai tempat dapat menikmati pula FKY di daerahnya dengan digelarnya berbagai workshop di daerah-daerah terpilih. Diantaranya workshop membatik dengan teknik jumputan, melukis diatas batu, bermain dengan tanah liat, wayang sesuk, serta melukis diatas kipas. 

Dalam penyelenggaraan Lokakarya FKY ini menggandeng berbagai lintas masyarakat. Namun hal yang menarik Lokakarya FKY juga menggandeng Pondok Pesantren Pandanaran di Ngaglik serta Gereja Pringgolayan sebagai tempat penyelenggaraan workshop Lokakarya FKY 30.

"Ini usaha kami supaya lebih membagi semangat kepada sesama. Kita ini sesungguhnya satu dan bisa rukun damai. Oleh karena itu dari turunan tema FKY 30 'Mesemeleh' ini diharapkan kita dapat 'bebrayan' dan merasakan pula seni itu dapat menyatukan antara satu dengan yang lain," ungkap Awaludin Mualif selaku Koordinator Lokakarya FKY 30 ketika dijumpai KRJogja.com Jumat (20/7/18). (Diah Ayu KW)