DIY Editor : Tomi sudjatmiko Sabtu, 21 Juli 2018 / 01:21 WIB

FKY ke 30 di Pyramid Bantul Usung Mesem dan Semeleh

BANTUL, KRJOGJA.com - Menjelang perhelatan Festival Kesenian Yogyakarta (FKY) yang ke-30, banyak karya yang nantinya akan disuguhkan. Festival yang berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta ini digelar pada 23 Juli - 9 Agustus 2018 di Komplek Pyramid Bantul. 

Tema yang diusung FKY 30 pada tahun ini yakni 'MESEMELEH'. Berasal dari dua kata yakni MESEM yang berarti tersenyum dan SEMELEH yang berarti ikhlas. MESEM menggambarkan FKY untuk tetap menyuguhkan festival yang menarik menarik, menghibur, edukatif serta mengikuti pekermbangan zaman. 

Adapun SEMELEH menggambarkan FKY sebagai festival seni yang memberikan wadah kepada seluruh pihak baik itu kreator, masyarakat, maupun pemerintah.
 
"FKY merupakan etalase dari kesenian Yogyakarta yang berusaha beradaptasi dengan zaman yang ada saat ini maka tema juga harus menggambarkan kondisi era sekarang. Penentuan tema ini juga melalui proses diskusi panjang dari kami sehingga lahirlah Mesemeleh," ungkap Roby Setiawan selaku Ketua Umum sekaligus Direktur Seni dan Kreatif FKY 30 ketika ditemui KRJogja.com pada Jumat (20/07). (Diah KW)