Peristiwa Editor : Tomi sudjatmiko Kamis, 19 Juli 2018 / 11:08 WIB

Menag Minta Dosen PTKI Riset demi Masyarakat

BOGOR, KRJOGJA.com - Menteri Agama Lukman Saifudin memberikan pesan kepada semua peserta peneliti yang merupakan dosen dari Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) swasta atau negeri di Indonesia agar melakukan penelitian yang bermanfaat bagi masyarakat.

"Saya ingin menyampaikan kepada semua seluruh peneliti yang hadir di sini, untuk memiliki nilai kebermanfaatan yang signifikan kepada semua masyarakat," ujar Lukman dalam sambutannya di Hotel Aston Bogor, Rabu (18/7/2018).

Lukman menjelaskan, bahwa penelitian yang bermanfaat bagi peneliti itu, ada tiga kelompok. Pertama bermanfaat pada PTKI, kedua, kepada Kementerian Agama dan ketiga, tentu manfaat bagi masyarakat Indonesia.

"Saya melihat penelitian yang dilakukan selama ini hanya bersifat pengumpulan data-data saja. Bahkan tidak memiliki dampak pada kebijakan pemerintah," ungkapnya.

Karena itu, Menteri berharap penelitian yang dilakukan nantinya bisa memiliki relevansi yang tinggi dengan realitas kehidupan di masyarakat Indonesia. "Seperti penelitian soal radikalisme di berbagai lembaga pendidikan juga, kita harapkan tidak hanya bersifat pengumpulan data saja," tutup Lukman. (Ati)