Jateng Editor : Danar Widiyanto Kamis, 19 Juli 2018 / 02:10 WIB

12 Elemen Dorong Moeldoko Maju Jadi Cawapres

SEMARANG, KRJOGJA.com - 12 Elemen massa, diantaranya Aliansi Buruh, Paguyuban Pedagang Sayur Nasional, Serikat Pekerja Indonesia, Komunitas Santri dan Guru Ngaji, serta Ormas Lindu Aji, Rabu (18/7/2018) bertemu dan menggalang kekuatan dukungan terhadap Jenderal TNI (Purn) Moeldoko untuk diusulkan dalam pencalonan Wakil Presiden mendampingi Ir Joko Widodo yang akan mencalonkan diri dalam Pilpres 2019.

Baca Juga: Namanya Masuk Daftar Cawapres Jokowi, Ini Kata Mahfud MD

Nanang Setyono, Ketua Umum Gerakan Buruh Berjuang (Gerbang) Jawa Tengah dalam konferensi pers di Semarang mengatakan kebulatan tekad 12 elemen massa, dari buruh, pekerja, tani, nelayan, guru dan organisasi kemasyarakatan mengusulkan nama Jenderal TNI (Purn) Moeldoko untuk mendampingi Joko Widodo dalam pencalonannya sebagai presiden kedua pada Pilpres 2019.

"Kami kebetulan memiliki visi dan sama untuk mengajukan mantan Panglima TNI tersebut sebagai Cawapres mendatang yang akan mendampingi Presiden Jokowi mendatang. Kami menilai Joko Widodo yang kami nilai memiliki kinerja baik dengan memeratakan pembangunan, perlu adanya pendamping yang menguatkan dalam mendukung kebijakan-kebijakan yang mengarah pada kebaikan masa depan Indonesia mendatang," ujar Nanang Setyono.

Sementara Drs Heru Supriyono MPd, Ketua Dewan Pembina DPP Lindu Aji menyatakan sikap Lindu Aji sebagai Organisasi Kemasyarakatan mengusung nama Moeldoko tidak ada muatan politis. "Kami bukan underbow partai politik, melainkan kami organisasi independent. kami memandang perlu memberikan kontribusi pada bangsa negara dalam Pilpres 2019 nanti. Kami menilai perlunya figur pemimpin yang dapat memperbaiki bangsa ini agar memiliki masa depan lebih baik. Selama ini kami memiliki penilaian baik atas kinerja Presiden Joko Widodo, dan pada saat kami mendengar akan mencalonkan kembali di Pilpres 2019, maka kami memiliki keinginan adanya Wakil Presiden yang mendampingi Joko Widodo benar-benar bisa menjadi pendamping yang menguatkan dalam memikirkan masa depan Indonesia ke depan," ujar Heru Supriyono.

Baca Juga: Siapa Pendamping Jokowi di Pilpres 2019 yang Pas?

Moeldoko dinilai Lindu Aji sebagai figur yang memiliki karakter tegas, bertanggungjawab, dan setia terhadap NKRI karena dirinya seorang prajurit sejati. "Kondisi ini saya kira akan menguatkan Joko Widodo dalam memimpin Indonesia menuju masa depan yang lebih baik. Pak Moeldoko itu kalau bicara cerdas dan tegas, tidak esok dele sore tempe. Kita butuh figur yang mendampiki Presiden Jokowi seperti Pak Moeldoko. Apalagi kepemimpinan yang dibentuk melalui pendidikan militer telah menjadikan dirinya sebagai sosok yang paham akan hal-hal untuk melindungi segala aspek kepentingan negara. Dari mempersatukan segenap komponen bangsa, hingga melindungi aspek kekayaan sumber daya negara," lanjut Heru Supriyono. 

Untuk mengerucutkan dukungan, pada Minggu (22/7/2018) mendatang seluruh komponen pendukung akan mendeklarasikan "JODOH' kepanjangan dari Jokowi-Moeldoko hebat di Semarang. Direncanakan ada 10.000 massa yang akan menghadiri deklarasi yang akan digelar di kawasan Pantai Marina Semarang. 

Setelah deklarasi, menurut Nanang Setyono komponen pendukung akan membuat surat rekomendasi mengusulkan Moeldoko sebagai Cawapres yang berpasangan dengan Joko Widodo. "Surat nanti akan kami kirim ke Joko Widodo dan seluruh partai yang mengusung Capres Joko Widodo. Harapannya agar dapat menjadi bahan pertimbangan menentukan Cawapres yang disandingkan dengan Joko Widodo," tambang nanang Setiyono.

Menurut Nanang, di pihaknya ada 5 juta suara dari elemen buruh, pekerja, tani, nelayan dan organisasi kemasyarakatan. Sehingga ini akan bisa menjadi bahan pertimbangan menentukan calon yang akan disandingkan dengan Joko Widodo mendatang. (Cha)