Ekonomi Editor : Tomi sudjatmiko Senin, 16 Juli 2018 / 18:18 WIB

Jangan Lupa, Ada Event Kolosal di Pasar Klewer Solo

SOLO, KRJOGJA.com - Event keren bakal disajikan BRI di Solo, Jawa Tengah, awal Agustus nanti. Namanya Harmoni Pasar Klewer 2018. Ada lima sub event yang akan dihadirkan. Yaitu panggung musik, expo, kontes putra-putri Solo, bazar plus permainan anak, hingga instalasi seni.
 
Harmoni Pasar Klewer 2018 adalah hasil kolaborasi Bank BRI, Java Festival Production, dan Kementerian Pariwisata (Kemenpar). Event ini akan berlangsung kolosal. Catat tanggalnya, 3-4 Agustus 2018, mulai pukul 15.30-24.00 WIB. Venuenya di Balai Kota Surakarta, Solo. 

Lewat event ini, BRI ingin menyampaikan beragam pesan bagi Indonesia. Konsepnya musik, tarian, dan ragam kreativitas lain. Event ini juga mendorong awareness UMKM hingga muncul value secara komersial. Harmoni Pasar Klewer juga akan membagi tips cashless society. Yaitu, membiasakan transaksi non tunai dimanapun. Termasuk, pasar tradisional.
 
“Harmoni Pasar Klewer ini event yang besar. Konsepnya dibuat sangat unik dan menarik. Pengunjung pasti akan sangat terhibur. Selain itu, ada banyak aspek edukatif yang juga bisa didapatkan pengunjung. Pokoknya jangan sampai terlewatkan,” ungkap Direktur Konsumer BRI Handayani, Minggu (15/07/2018).
 
Salah satu daya tarik utama Harmoni Pasar Klewer adalah live music. Setiap harinya dimulai pukul 19.00 WIB, beragam musisi dan penyanyi besar sudah disiapkan. Total ada 10 musisi dan band yang siap menaikan adrenalin. Ada Raisa, Via Vallen, Tulus, Glen Fredly, Ipank Lazuardi, juga Dwiki Darmawan.
 
Ada juga band/trio dengan nama besar. Yaitu Kahitna, Andra & The Backbone, GAC, juga Papua Original. Hanny, sapaan Handayani, menambahkan, Pentas Musik dibuka oleh aksi Via Vallen. “Kami masukan berbagai genre musik. Pokoknya langkap. Konsernya akan dibuka Via Vallen di malam pertama. Selama dua hari full, malam Solo akan dimeriahkan artis besar,” tuturnya
 
Harmoni Pasar Klewer juga akan menjadi bagian World Tour Dwiki Darmawan. Tahun 2016, Dwiki sukses merilis album dengan titel ‘Pasar Klewer’. Album ini melengkapi koleksi milik Dwiki yang mulai rilis 1987. Lebih spesial lagi, album Pasar Klewer ini mendapatkan respon besar di pasar mancanegara.
 
Pada 2017, album Pasar Klewer ini mampu menghipnotis sembilan negara. Ada Kazakstan, Azerbaijan, Tiongkok, Inggris, Austria, Kroasia, Jerman, Bulgaria, juga Italia. Lalu, pada 2018 ini World Tour digelar di Portugal, Azerbaijan, Ukraina, Laos, dan Selandia Baru. Hanny menjelaskan, Harmoni Pasar Klewer ini akan menjadi panggung spesial bagi Dwiki Darmawan dan penikmat musik tanah air.
 
“Kami sajikan sisi lain dari musik. Dwiki Darmawan ini albumnya populer di mancanegara, tapi belum pernah diperdengarkan di sini. Momen penting ini akan tersaji di Harmoni Pasar Klewer. Sebab, album Pasar Klewer akan dibawakan kali pertama di tanah air,” jelas Hanny.
 
Selain musik, Harmoni Pasar Klewer juga akan menggelar Pameran. Expo ini akan menyajikan beragam produk unggulan di wilayah Solo. Sebut saja asesoris, busana, hingga kerajinan tangannya. Produk ini berasal dari berbagai UMKM. Di area ini, nantinya para pengunjung bisa bertransaksi menggunakan Brizzi, MyQR, juga all card milik BRI.
 
Deputi Bidang Pemasaran I Kemenpar I Gde Pitana menilai event ini akan luar biasa. “Harmoni Pasar Klewer ini memang luar biasa. Pengunjung dibiasakan dengan budaya non tunai yang memang sedang gencar dilakukan pemerintah. Hiburan yang ditawarkan juga bagus, apalagi ada expo. Solo ini penghasil asesoris, busana, dan kerajinan tangan terbaik dengan Pasar Klewer ini sebagai etalasenya,” terang Pitana. (*)