DIY Editor : Danar Widiyanto Jumat, 13 Juli 2018 / 17:10 WIB

Persiapan Kemarau, DP3 Sleman Tambah Irigasi Tanah Dangkal

SLEMAN, KRJOGJA.com - Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan (DP3) Kabupaten Sleman akan menambah irigasi tanah dangkal. Hal ini sebagai upaya menghadapi musim kemarau.

Tahun lalu ada 28 lokasi yang mendapatkan bantuan irigasi tanah dangkal sedalam 30 meter. Tahun ini ada tambahan lima unit di lokasi lokasi. Dusun Jumeneng Desa Sumberadi Mlati, Kebonagung Tridadi Sleman, Sangonan Sidorejo Godean, Prumpung Sardonoharjo Ngaglik dan Balong Bimomartani Ngemplak.

Baca Juga: Wanita Ini jadi WNI Pertama Anggota Komite Hak Penyandang Disabilitas PBB

Kepala DP3 Sleman Heru Saptono mengatakan, keberadaan irigasi tanah dangkal tersebut diharapkan dapat mencukupi ketersediaan air untuk pertanian dari daerah yang memang sering sulit air. Terutama ketika musim kemarau.

"Selain itu juga akan ada penambangan embung kecil. Ini sebagai upaya kami untuk mempertahankan Kabupaten Sleman sebagai lumbung padi Yogyakarta," ujarnya, Jumat (13/7/2018).

Sementara itu, kepada petani yang selama ini mengandalkan irigasi dari air Selokan Mataram juga diharapkan untuk mempersiapkan diri. Pasalnya setiap tahun selalu ada pemeliharaan selokan yang dilakukan oleh Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak (BBWSSO).

"Kita akan drop pompa air ke beberapa kelompok tani. Terutana bagi mereka yang lahan pertaniannya berada di utara selokan. Namun kapan pemeliharaan masih dalam proses koordinasi dengan BBWSSO," jelasnya.(Awh)