Jateng Editor : Ivan Aditya Rabu, 04 Juli 2018 / 15:19 WIB

Kebumen Tahun Ini Tak Peringati Hari Jadi

KEBUMEN, KRJOGJA.com - Kendati perubahan Peraturan Daerah (Perda) tentang Hari Jadi Kabupaten Kebumen telah ditetapkan oleh DPRD Kebumen baru-baru ini, namun Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kebumen tak akan memperingati hari jadi yang baru tersebut di tahun 2018 ini.

"Peringatannya secara resmi baru akan diselenggarakan pada tahun 2019 mendatang. Kami khawatir melanggar aturan bila diperingati pada tahun ini," ujar Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah (Sekda) Kebumen, Machmud Fauzi MSi di ruang kerjanya, Rabu (04/07/2018).

Menurut Machmud Fauzi di tahun 2018 Pemkab Kebumen sudah menyelenggarakan peringatan hari jadi Kebumen, yaitu berdasarkan perda yang lama, pada 1 Januari 2018 lalu. Berdasarkan aturan, peringatan hari jadi yang baru yang mengacu pada perda baru, yaitu tanggal 21 Agustus 1629, tak boleh diselenggarakan pada tanggal 21 Agusutus 2018 mendatang.

"Berdasarkan aturan, dalam satu tahun anggaran tak boleh dilakukan dua kegiatan yang sama. Karena itu, pelaksanaan peringatan hari jadi yang baru diselenggarakan tahun depan, tanggal 21 Agustus 2019," ujar Machmud.

Kendati tahun ini tak ada peringatan hari jadi yang baru, Pemkab Kebumen akan mensosialisasikannya bersamaan dengan peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 73, tanggal 17 Agustus 2018 mendatang. "Kami akan memanfaatkan momen peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 73 untuk mensosialisasikan hari jadi yang baru kepada masyarakat Kebumen," jelas Machmud.

Sebagai pelengkap kegiatan sosialisasi Pemkab Kebumen juga mengenalkan 3 buah rancangan logo HUT Kabupaten Kebumen ke 389. Masyarakat diminta untuk memilih salah satu rancangan logo yang menjadi favorit mereka. (Dwi)