Jateng Editor : Danar Widiyanto Rabu, 04 Juli 2018 / 09:10 WIB

Cegah Terorisme, Kejati Gandeng FKPT Jateng

SEMARANG, KRJOGJA.com - Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jateng bersama Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Jateng dan masyarakat sepakat merapatkan barisan untuk membendung para pelaku aksi radikal dan teror agar tidak berani bermanuver di Jateng. Kejati mendukung upaya pencegahan aksi radikal dan teror yang mengancam keselamatan masyarakat.

Kepala Kejati Jateng Sadiman SH, MH mengatakan hal tersebut, Selasa (3/7/2018), usai menyaksikan penandatangan Nota Kesepahaman dan Perjanjian Kerja Sama Antara Kejaksaan Agung RI dengan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) di Jakarta, yang disaksikan seluruh Kajati dan pengurus FKPT se-Indonesia melalui teleconference.

Sadiman SH didampingi Ketua FKPT Dr Budiyanto menegaskan, akan mengintensifkan gerakan pencegahan terorisme bersama masyarakat dan FKPT Jateng. Terorisme bukan hanya musuh aparat kemanan, tetapi musuh bersama seluruh masyarakat dunia, sehingga untuk mengatasinya harus dihadapi bersama-sama.

Menurutnya, para pelaku aksi teror jangan diberi kesempatan bergerak di Jateng. Jangan sampai ada segelintir teroris mengembangkan virus radikal teror bebas berkeliaran memengaruhi masyarakat yang sudah menjalani hidup tenang, penuh toleransi dan saling memahami perbedaan keyakinan maupun berbagai pilihan.

Kondisi Jateng, lanjut Sadiman, saat  ini aman dan tenteram. Pesta demokrasi Pilkada yang memunculkan perbedaan kepentingan dan pilihan dapat terlewati dengan nyaman tanpa benturan. Kondisi tersebut menunjukkan masyarakat Jateng semakin dewasa dalam berdemokrasi, berbangsa dan bernegara.

Maka, lanjutnya, kondisi tersebut jangan dinodai aksi radikal dan teror. Semua harus merasa terpanggil untuk menjaga wilayah agar tidak tersusupi teror baik dalam bentuk pemikiran maupun aksi.

Dengan telah ditandatanganinya naskah kerjasama antara Kejagung dengan BNPT, maka  Kejati Jateng akan bergerak cepat agar upaya pencegahan radikal teror di Jateng dapat berjalan lebih massif. Kajati akan menginstruksikan para Kajari se Jateng untuk secepatnya menindaklanjuti kerja sama bersama masyarakat.

Ketua FKPT  Jateng Dr Drs Bydiyanto SH MHum berterima kasih kepada Kajati Jateng yang bertekad menutup ruang gerak teroris di provinsi ini. Budiyanto sependapat, untuk menghadang teroris harus melalui gerakan massif, serentak dan sistematis.

“Sesuai dengan porsi dan proporsinya, jika seluruh elemen bergerak menghadang terorisme, maka kejahatan luar biasa itu tidak akan sampai terjadi dan lenyap dari bumi Indonesia,” tegas Budiyanto.(Isi)